Demokrat Tunggu Keputusan SBY dan AHY untuk Usung Heru Budi di Pilkada Jakarta

Heru Budi diusulkan DPD Partai Demokrat DKI Jakarta karena sejumlah pertimbangan yang berkaitan dengan kinerja di Jakarta.

oleh Winda Nelfira diperbarui 02 Jul 2024, 10:18 WIB
Diterbitkan 02 Jul 2024, 10:18 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Foto: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyambut baik diresmikannya Sodetan Ciliwung di Jakarta Timur oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin pagi (31/7/2023). Foto: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Liputan6.com, Jakarta - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat DKI Jakarta mengusulkan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono untuk maju di Pilkada Jakarta 2024. Namun, usulan itu belum disampaikan kepada Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat. 

Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta Mujiyono mengatakan, nama-nama yang diusul bakal dibahas terlebih dahulu dalam rapat pimpinan daerah Partai Demokrat DKI Jakarta. Meski begitu, Mujiyono belum dapat merinci jadwal resmi rapimda yang bakal digelar Partai Demokrat DKI Jakarta. 

"Usulannya melalui rapimda," kata Mujiyono kepada Liputan6.com, Selasa (2/7/2024). 

Mujiyono bilang, usai rapimda digelar, maka hasilnya akan diserahkan kepada Majelis Tinggi Partai Demokrat untuk diputuskan. 

"Penentunya keputusan Majelis Tinggi Bapak Susilo Bambang Yudhoyono (Ketua Majelis Tinggi) dan Ketum (Agus Harimurti Yudhoyono) juga selaku Wakil Ketua Majelis Tinggi," kata Mujiyono.

Adapun Heru Budi diusulkan DPD Partai Demokrat DKI Jakarta karena sejumlah pertimbangan yang berkaitan dengan kinerja di Jakarta. Pertama, Heru dinilai mampu menurunkan prevalensi stunting di Jakarta dari 16,8 persen menjadi 14,8 persen. 

"Pemprov DKI Jakarta telah melakukan intervensi selama dua minggu sekali dengan memberikan makanan sehat, susu, dan pemeriksaan kesehatan. Dari jumlah 22.000 anak yang mengalami stunting sebanyak 9.000 sudah lulus stunting," kata Mujiyono. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tuntaskan Proyek Sodetan Ciliwung

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono melaksanakan sholat Idul Adha bersama pejabat DKI Jakarta di Masjid Fatahillah Balai Kota, Kamis (29/6/2023).
Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono melaksanakan sholat Idul Adha bersama pejabat DKI Jakarta di Masjid Fatahillah Balai Kota, Kamis (29/6/2023). (Merdeka.com/ Rahmat Baihaqi)

Kemudian, dalam mengatasi banjir, Heru disebut berhasil menuntaskan Sodetan Ciliwung yang terlantar bertahun-tahun hingga dapat diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada akhir Juli 2023 lalu. 

Ketiga, Heru dipandang melanjutkan pembangunan sarana transportasi massal untuk mengatasi kemacetan  seperti pembangunan MRT Koridor Timur-Barat berkoordinasi bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Koridor ini akan melayani rute Cikarang-Jakarta-Balaraja dan Tomang- Medan Satria. Selain itu, mendorong integrasi transportasi antarkota terealisasi, dengan Kereta Cepat Jakarta-Bandung dan Lintas Raya terpadu (LRT) Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek)," ujarnya.

Keempat, Heru juga dinilai mampu menjaga stabilitas ekonomi dan ketahanan pangan di Jakarta. Heru, kata dia merevitalisasi pasar tradisional guna meningkatkan daya beli masyarakat.

 


Atasi Kemiskinan Ekstrem

Kelima, Heru juga dipuji bisa mengatasi kemiskinan ekstrem di Jakarta melalui Program Intervensi Kemiskinan Terpadu. Bahkan, kata dia dalam pelaksanaannya semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait melakukan validasi dan pemutakhiran data agar tepat sasaran. 

"Fokus program ini mengurangi beban pengeluaran keluarga tidak mampu melalui bantuan atau layanan sosial," kata Mujiyono.

Lalu keenam, Heru disebut juga berhasil membawa Pemprov DKI Jakarta meraih penghargaan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) terbaik kategori Jawa dan Bali. 

Terakhir, Partai Demokrat DKI Jakarta juga menyoroti kebijakan penertiban administrasi kependudukan (Adminduk) oleh Heru Budi yang disebut dapat meningkatkan akurasi program bantuan sosial di Jakarta.

 

 

 

Infografis Bursa Kandidat dan Prediksi Koalisi Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Bursa Kandidat dan Prediksi Koalisi Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya