Kapolda Metro ke Masyarakat: Jangan Takut Laporkan Perilaku Kurang Baik Anggota Saya

Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto mengatakan, dirinya sangat terbuka untuk menerima kritik maupun saran dari masyarakat. Bila ada hal-hal yang kurang baik, Karyoto tak segan menyampaikan permohonan maaf dan segera menindaklanjutinya.

oleh Ady Anugrahadi diperbarui 12 Jul 2024, 20:28 WIB
Diterbitkan 12 Jul 2024, 20:28 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto
Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto mengajak masyarakat turut membantu membenahi institusi Polri, utamanya Polda Metro Jaya. Dia meminta masyarakat tak takut melapor apabila menemukan perilaku anggota polisi yang tidak baik. (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Liputan6.com, Jakarta - Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Karyoto bicara soal pentingnya partisipasi masyarakat dalam membantu membenahi institusi Polri khususnya Polda Metro Jaya.

Karena itu, Karyoto meminta kepada siapapun tak perlu takut untuk melaporkan bila ada temuan pelanggaran yang dilakukan anggota di jajaran Polda Metro Jaya.

Hal itu diungkap Karyoto saat memberikan sambutan di acara Peletakan Batu Pertama Renovasi Mako Polsek Metro Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (12/7/2024).

"Dalam forum-forum ini saya juga sampaikan ke masyarakat jangan takut melaporkan perilaku yang kurang baik yang kurang etis anggota-anggota saya di lapangan maupun dalam hal pelayanan penegakan hukum," kata Karyoto.

Karyoto mengatakan, dirinya sangat terbuka untuk menerima kritik maupun saran dari masyarakat. Bila ada hal-hal yang kurang baik, Karyoto tak segan menyampaikan permohonan maaf dan segera menindaklanjutinya.

"Banyak WhatsApp WhatsApp ke saya, saya sampaikan untuk dikoreksi, untuk diperbaiki kalau salah kita lebih bagus mengaku salah dan siap memperbaiki daripada kita mempertahankan kesalahan," ujar Kapolda Metro Jaya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ingin Polisi Lebih Berempati dan Jadi Penolong

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto menghadiri kegiatan Ngopi Kamtibmas 'bersama warga di Pos Satkamling RW 05 Kelurahan Harapan Mulya Kecamatan Kemayoran Jakarta Pusat, Kamis malam (11/7/2024). (Foto: Polda Metro Jaya)

Karyoto mengakui, sebagai Kapolda, dirinya tidak terlalu banyak melakukan inovasi. Dia hanya lebih meningkatkan supaya insan-insan Polri bisa menjadi manusia yang berempati dan penolong.

"Dan saya memang sangat konsen ketika dunia perlindungan, pengayoman dan pelayanan ke masyarakat harus maksimal, apalagi pelayanan di bidang penegakan hukum banyak masyarakat yang frustasi terhadap penegakan hukum," ujar dia.

"Hukum di Indonesia memang sedang berproses, mudah-mudahan berproses dari hari ke hari semakin baik. Nah sekalipun undang-undangnya sudah bagus tapi kalau orangnya mengawaki kurang berintegritas maka pencapaiannya tidak maksimal. Saya hanya bisa mempengaruhi, mengajak dan yang jelas kalau ada kesalahan saya akan menghukum namun dalam kapasitas saya," kata Karyoto menandaskan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya