Punya Rekam Jejak Bagus, 4 Jenderal Polri Dinilai Kapabel Jadi Pimpinan KPK

Keempat jenderal yang dimaksud adalah Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian Komjen Pol. Setyo Budiyanto, Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional Komjen Pol. Ridwan Zulkarnain Panca Putra Simanjuntak, Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Pol. Djoko Poerwanto dan Deputi Bidang Koordinasi dan Supervisi KPK Irjen Pol. Didik Agung Widjanarko.

oleh Jonathan Pandapotan Purba diperbarui 19 Jul 2024, 03:37 WIB
Diterbitkan 19 Jul 2024, 03:37 WIB
20160130-Jessica Akhirnya Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Kopi Beracun
Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Edi Hasibuan (Liputan6.com/JohanTallo)

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) menilai empat jenderal Polri saat ini kapabel untuk menjadi pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Empat perwira tinggi yang direkomendasikan Polri jadi calon pimpinan KPK sangat layak dan memiliki kapabilitas jika dipercaya Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK dan tentunya DPR RI," kata Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Edi Hasibuan dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Kamis (18/7/2024) seperti dilansir Antara.

Keempat jenderal yang dimaksud Edi adalah Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian Komjen Pol. Setyo Budiyanto, Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional Komjen Pol. Ridwan Zulkarnain Panca Putra Simanjuntak, Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Pol. Djoko Poerwanto dan Deputi Bidang Koordinasi dan Supervisi KPK Irjen Pol. Didik Agung Widjanarko.

"Mereka selama ini berpengalaman dan memiliki rekam jejak yang bagus dalam pemberantasan korupsi baik semasa bertugas di kepolisian atau KPK," kata dosen Pascasarjana Universitas Bhayangkara Jakarta ini.

Edi juga menyebutkan bahkan calon tersebut ada yang pernah dan sedang menjabat sebagai Deputi di KPK dan kalau soal pengalaman, jam terbang dalam pemberantasan korupsi tidak perlu diragukan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kirim 4 Perwira

Sebelumnya, Polri mengirimkan empat perwira tingginya untuk mengikuti proses seleksi calon pimpinan dan dewan pengawas KPK periode 2024-2029.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko di Jakarta, Selasa (16/7) mengatakan keempat nama yang dikirimkan tersebut merupakan personel terbaik Polri.

“Kami sampaikan bahwasanya keempat personel tersebut adalah merupakan personel yang terbaik di mana dengan adanya panitia seleksi capim KPK, tentu Polri menjawab itu dengan menjadikan mereka sebagai usulan,” ucapnya.


Pendaftar

Menurut Wakil Ketua Pansel KPK Arif Satria data pendaftar terakhir capim KPK tercatat pada Rabu (17/7), telah mencapai 616 orang sejak dibuka 26 Juni 2024 sampai pada 15 Juli 2024.

Arif merinci, jumlah pendaftar Capim KPK sebanyak 318 orang, terdiri dari 298 orang laki-laki dan 20 orang perempuan. Sedangkan jumlah pendaftar calon Dewas sebanyak 207 orang terdiri dari 184 laki-laki dan 23 perempuan. Ada dua pimpinan KPK mendaftar yakni Johanis Tanak dan Nurul Gufron.

DPR akan memilih lima calon pimpinan dan dewan pengawas setelah menjalani uji kepatutan dan kelayakan.

Infografis Pansel Jaring 525 Pendaftar Capim dan Dewas KPK. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Pansel Jaring 525 Pendaftar Capim dan Dewas KPK. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya