Rano Karno Setuju JIS Jadi Markas Persija Jakarta

Bakal calon wakil gubernur Jakarta, Rano Karno, menegaskan tidak mungkin jika Jakarta International Stadium (JIS) memberlakukan sistem cuma-cuma atau gratis kepada pengunjung. Sebab, harus ada biaya yang dikeluarkan untuk perawatan JIS.

oleh Aries Setiawan diperbarui 01 Sep 2024, 14:52 WIB
Diterbitkan 01 Sep 2024, 14:35 WIB
[Fimela] Rano Karno
Rano Karno. (Bambang E Ros/Fimela.com)

Liputan6.com, Jakarta Bakal calon wakil gubernur Jakarta, Rano Karno, menegaskan tidak mungkin jika Jakarta International Stadium (JIS) memberlakukan sistem cuma-cuma atau gratis kepada pengunjung. Sebab, harus ada biaya yang dikeluarkan untuk perawatan JIS.

"JIS gratis? Enggak mungkin gratis. Bagaimana biaya operasional? Bagaimana supaya anak-anak penggemar Jakmania bisa nonton? Di luar negeri, di Inggris, Liga Inggris itu ada sistem. Kalau memang lu ambil tiket satu kompetisi harganya murah. Misalnya cuma ambil sekian lama, tapi kalau cuma satu-satu pasti mahal. Itu sistem yang enggak mungkin," kata Rano Karno, di TPU Bivak Jakarta, Minggu (1/9/2024).

Namun, dia mengaku jika Persija Jakarta bertanding di luar JIS akan mengalami kendala seperti rumput yang tidak sesuai standar. Oleh karena itu, dia sepakat jika JIS dijadikan home base atau markas Persija Jakarta.

"Cuma memang stadion luar biasa. Kendalanya selalu lapangan rumputnya enggak bagus-bagus. Jadi saya setuju kalau JIS itu memang menjadi home base-nya Persija," ujar Rano.

Tak hanya itu, pemeran Si Doel Anak Sekolahan itu mengaku sedih lantaran Training Center (TC) Persija Jakarta yang berada di Sawangan harus dipindahkan. Tak hanya itu, Rano menilai, Persija Jakarta harus memiliki kendang sendiri, sehingga tidak perlu pindah-pindah.

"Bagaimana anak-anak mau fokus berlatih? Oke, kalau stadion kita bisa GBK, bisa. JIS bisa. Tapi training camp? Ini harus kuat karena di situ sentranya. Kita bisa ciptain SSB, junior, segala macam," ujar Rano.

"Nah bagaimana anak-anak mau fokus bertanding kalau misal home base berpindah-pindah? Enggak mungkin. Entar di GBK, entar di JIS, entar ke Bekasi, entar ke Bantul. Pasti anak-anak konsentrasi terbagi," imbuhnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dharma Pongrekun Janji Gratiskan JIS untuk Jakmania

Lewat Jalur Independen, Dharma Pongrekun dan Kun Wardana Jadi Kandidat Ketiga di Pilgub Jakarta 2024
Dharma Pongkrekun dan Kun Wardana adalah satu-satunya bakal pasangan calon yang maju dari jalur independen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Bukan cuma Rano Karno yang mencoba mendekatkan diri dengan Persija dan para pendukungnya, Jakmania. Bakal calon gubernur Jakarta lainnya juga menjadikan Persija dan Jakmania objek isu Pilkada Jakarta.

Bakal cagub independen, Dharma Pongrekun, berjanji akan menggratiskan sewa Jakarta International Stadium (JIS) jika ada anggaran.

"Kalau memang memungkinkan anggaran ada, perlu digratiskan," kata Dharma dalam konferensi pers pendaftaran Pilkada Jakarta 2024.

Dharma bersama timnya akan lebih mengkaji bagaimana pengelolaan JIS ke depan agar fasilitasnya dapat dirasakan oleh semua masyarakat. Dalam program sewa gratis JIS, dia berjanji akan selalu mengutamakan kenyamanan pendukung Persija, The Jakmania.

"Kami akan mengkaji bagaimana baiknya agar JIS bisa dipakai, bisa dinikmati oleh penggemar Persija, khususnya dari Jakmania," ujar Dharma.

Selain menggratiskan JIS, dia juga mengenalkan program Selamatkan Jiwa demi menjaga keamanan dan membuat perut kenyang demi memastikan pemerataan kesejahteraan rakyat.

Terlebih, Dharma didukung oleh wakilnya, Kun Wardana, yang dikenal sebagai "bayi ajaib" lantaran berpendidikan tinggi.

"Calon wakil saya adalah Kun Wardana Abiyoto, beliau dahulu dikenal sebagai bayi ajaib, umur 12 tahun 8 bulan sudah kuliah," ujar Dharma.


Ridwan Kamil Siap Rangkul Persija dan Jakmania

Liga 1 Indonesia 2018 : Persib Bandung Vs Persija Jakarta
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, saat menyaksikan laga Persib Bandung melawan Persija Jakarta pada laga Liga 1 di Stadion GBLA, Jawa Barat, Minggu (23/9/2018). Persib menang 3-2 atas Persija. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Sementara itu, cagub yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus, Ridwan Kamil, menyatakan dukungannya terhadap Persija Jakarta dan pendukung setianya, Jakmania.

"Sepak bola tentu kita akan dukung, kita maksimalkan apalagi dengan brand dan klub Persija dengan Jakmania-nya yang luar biasa," ujar pria yang akrab disapa RK pada jumpa pers di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta, Rabu (28/8/2024).

Usai tes kesehatan di RSUD Tarakan Jakarta, Sabtu (31/8/2024), Ridwan Kamil kembali menegaskan soal komitmennya merangkul Persija dan Jakmania. Namun, Ridwan Kamil menyatakan, isu soal Persija dan Jakmania tidak ingin mengangkat terlalu mendalam di kampanye Pilkada Jakarta 2024.

"Kalau saya sederhana bahwa dengan situasi saya yang seperti ini, kami tidak akan terlalu banyak kampanye membawa isu Persija atau Jakmania," kata Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil akan membuktikan pasangan RIDHO sangat mencintai The Jakmania dan Persija. Ketimbang umbar janji, Ridwan Kamil justru bakal menggunakan pendekatan dialogis kepada Persija dan The Jakmania. Ridwan Kamil akan duduk bareng bersama dengan suporter Jakmania dan Persija dalam waktu.

"Kalau nanti terpilih insyaallah pembuktian mencintai Persija dan Jakmania akan kami buktikan dengan mendahulukan aspirasi. Jadi tidak mau menjanjikan dulu, maunya Jakmania apa, Persija apa. Kalau nanti terpilih insyaallah kita perjuangkan. Udah itu," ucap Ridwan Kamil.

 

Reporter: Alma Fikhasari

Sumber: Merdeka.com

Infografis Jokowi dan Keluarga Dilaporkan Kolusi-Nepotisme ke KPK. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jokowi dan Keluarga Dilaporkan Kolusi-Nepotisme ke KPK. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya