Infografis Joe Biden Mundur dari Pilpres AS 2024 dan Bursa Kandidat Capres

Joe Biden mundur selaku petahana kandidat capres AS dari Partai Demokrat melalui surat terbuka di akun media sosial. Biden kemudian mendukung penuh Kamala Harris untuk mengalahkan Donald Trump dalam pertarungan Pilpres AS 2024.

oleh Anri SyaifulAbdillah diperbarui 23 Jul 2024, 09:04 WIB
Diterbitkan 23 Jul 2024, 09:04 WIB
Banner Infografis Joe Biden Mundur dari Pilpres AS 2024. (Foto: AFP)
Banner Infografis Joe Biden Mundur dari Pilpres AS 2024. (Foto: AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Kabar mengejutkan datang dari Gedung Putih. Presiden ke-46 Amerika Serikat Joe Biden mengundurkan diri selaku petahana kandidat calon presiden atau capres.

Joe Biden mundur dari kandidat capres AS dari Partai Demokrat melalui surat terbuka yang diunggah di akun media sosialnya pada Minggu 21 Juli 2024. Pengumuman mengejutkan ini disampaikan Biden hanya berselang 4 bulan sebelum Pemilihan Umum Presiden atau Pilpres AS 2024, tepatnya pada 5 November mendatang.

Melansir laman BBC, Senin 22 Juli 2024, keputusan Joe Biden muncul ketika beberapa pekan terakhir mendapatkan tekanan hebat dari sesama anggota Partai Demokrat AS. Terlebih, penampilan debat Biden yang dinilai tersendat-sendat dan terkadang tidak koheren melawan Donald Trump dari Partai Republik pada akhir Juni 2024.

Biden yang kini berusia 81 tahun itu sebelumnya menolak seruan untuk mundur. Terutama ketika banyak pihak yang mulai khawatir atas masalah mental dan kapasitasnya untuk mengalahkan Trump. Namun, Biden tetap akan menjadi Presiden AS hingga Januari 2025.

"Meskipun saya berniat untuk mencalonkan diri kembali, saya yakin bahwa demi kepentingan terbaik partai dan negara, saya harus mengundurkan diri dan hanya fokus pada pemenuhan tugas sebagai presiden selama sisa masa jabatan," tulis Biden dalam surat terbuka yang diunggah di media sosial X.

Joe Biden juga mengucapkan terima kasih kepada Wakil Presiden Kamala Harris yang ia nilai sudah menjadi mitra yang luar biasa. Selain itu, Biden memberikan dukungan penuh kepada Kamala Harris maju sebagai kandidat capres AS dari Partai Demokrat untuk mengalahkan Donald Trump dari Partai Republik.

Pengumuman Joe Biden mundur dari Pilpres AS 2024 membuka peluang sejumlah anggota dari Partai Demokrat lainnya menjadi kandidat untuk menduduki kursi AS 1 di Gedung Putih. Selain Kamala Harris, siapa saja tokoh dari Partai Demokrat yang masuk bursa kandidat presiden AS? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Infografis Joe Biden Mundur dari Pilpres AS 2024

Infografis Joe Biden Mundur dari Pilpres AS 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Joe Biden Mundur dari Pilpres AS 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

Infografis Bursa Kandidat Capres AS Pengganti Joe Biden

Infografis Bursa Kandidat Capres AS Pengganti Joe Biden. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Bursa Kandidat Capres AS Pengganti Joe Biden. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya