Hari Jadi ke-1.145 Kota Kediri, Ini Harapan Wali Kota Kediri Terkait Tradisi Agar Terus Lestari

Pada kesempatan itu, Pj Wali Kota Kediri mengungkapkan sebagai wujud rasa syukur kemajuan Kota Kediri, sudah menjadi kewajiban semuanya untuk melestarikan budaya Manusuk Sima.

oleh stella maris diperbarui 27 Jul 2024, 16:21 WIB
Diterbitkan 27 Jul 2024, 16:21 WIB
Pemkot Kediri
Acara Upacara Manusuk Sima untuk merayakan Hari Jadi ke-1.145 Kota Kediri, Sabtu (27/7)/Istimewa.

Liputan6.com, Kediri Kota Kediri kini genap berusia 1.145 tahun. Untuk merayakan hari jadinya itu, digelar Upacara Manusuk Sima yang disaksikan langsung oleh Pj Wali Kota Kediri Zanariah yang hadir menggunakan baju Kediren, Sabtu (27/7). Pada Upacara Manusuk Sima kali ini juga dihadiri oleh kepala daerah atau perwakilannya dari daerah sekitar Kota Kediri seperti Tulungagung, Blitar, Trenggalek, Nganjuk, Jombang, dan Madiun. Upacara ini digelar di Halaman Balaikota Kediri dan juga disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube Kediri Tourism.

Ya, Hari Jadi ke-1.145 Kota Kediri diperingati pada 27 Juli. Perayaan itu dilangsungkan berdasarkan Prasasti Kwak pada Senin Legi tanggal 27 Juli 879 Masehi di Ngabean, Magelang Jawa Tengah. Upacara Manusuk Sima merupakan tradisi untuk mengenang peristiwa 1.145 tahun lalu, di mana Dusun Kuwak ditetapkan sebagai tanah Sima atau daerah perdikan sejak masa lampau. Tanah Kuwak Kediri ini terkenal subur karena dialiri oleh Patirtan Tirtoyoso. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Pemkot Kediri
Pj Wali Kota Kediri Zanariah di acara Upacara Manusuk Sima untuk merayakan Hari Jadi ke-1.145 Kota Kediri, Sabtu (27/7)/Istimewa.

Pada kesempatan itu, Pj Wali Kota Kediri mengungkapkan sebagai wujud rasa syukur kemajuan Kota Kediri, sudah menjadi kewajiban semuanya untuk melestarikan budaya Manusuk Sima. Tahun ini, tahun kedua Manusuk Sima digelar di Balai Kota, dan sebelumnya selalu diadakan di lingkungan Kuwak Tirtoyoso. Meski demikian, gelaran Upacara Manusuk Sima tidak mengurangi esensi tradisi dan sejarahnya.

Pada perayaan itu, Zanariah menjelaskan bahwa tema yang diambil adalah "Merajut Asa Dalam keharmonisan, Satu Tekad Kota Kediri Menuju Globalisasi". Harapannya di momen hari jadi tersebut, Kota Kediri dapat semakin menyatukan keragaman budaya dan tradisi dalam paduan yang harmonis. Dengan begitu, kebhinekaan yang ada bisa memperkuat potensi Kota Kediri menembus kancah internasional.

 

Pemkot Kediri
Acara Upacara Manusuk Sima untuk merayakan Hari Jadi ke-1.145 Kota Kediri, Sabtu (27/7)/Istimewa.

"Sekarang ini Kota Kediri semakin berkembang pesat, banyak capaian prestasi yang telah diraih. Hal ini berkat kolaborasi berbagai pihak dan dukungan seluruh masyarakat," ujar Zanariah.

Terakhir, Pj Wali Kota Kediri mengajak seluruh masyarakat untuk hadir di Balai Kota Kediri merayakan bersama Hari Jadi ke-1145Kota Kediri. Di halaman Balai Kota juga digelar Bazar UMKM selama dua hari. Selain itu, harapannya rangkaian kegiatan Hari Jadi Kota Kediri tidak hanya menghadirkan hingar bingar hiburan, namun dapat membawa manfaat untuk masyarakat yang lebih luas. 

 

Pemkot Kediri
Acara Upacara Manusuk Sima untuk merayakan Hari Jadi ke-1.145 Kota Kediri, Sabtu (27/7)/Istimewa.

Perlu diketahui, bazar UMKM yang digelar selama dua hari ini, diisi oleh para pelaku UMKM Kota Kediri yang telah terkurasi dan bersertifikat halal. Selain itu, bazar UMKM ini juga diisi oleh UMKM dari Kabupaten Kediri, Kota Blitar dan Kota Pacitan. Setelah prosesi manusuk sima selesai, Pj wali Kota Kediri beserta jajaran juga mengunjungi stand para pelaku UMKM sekaligus membeli produk mereka. 

 

Pemkot Kediri
Acara Upacara Manusuk Sima untuk merayakan Hari Jadi ke-1.145 Kota Kediri, Sabtu (27/7)/Istimewa.

Hadir pula, Kepala BKKBN Provinsi Jawa Timur Maria Ernawati, Pj Bupati Nganjuk Sri Handoko, Pj Bupati Jombang Teguh Narutomo, Asisten Administrasi Umum Kabupaten Tulungagung Imroatul Mufida, Asisten Pemerintahan dan Kesra Kota Blitar Moh. Sidiq, Asisten Administrasi Umum Kabupaten Blitar Mashudi, Kadisparbud Kabupaten Trenggalek Sunyoto. 

Juga hadir Staf Ahli Bidang SDM dan Kesra Kota Madiun Harum Kusumawati, Forkopimda Plus Kota Kediri, Kepala KPwBI Kediri Choirur Rofiq, Kepala Kantor OJK Kediri Ismirani Saputri, Sekretaris Daerah Kota Kediri Bagus Alit, para asisten dan Kepala OPD Pemerintah Kota Kediri, Ketua Bhayangkari Kota Kediri Ratih Bramastyo Priaji. 

 

Pemkot Kediri
Acara Upacara Manusuk Sima untuk merayakan Hari Jadi ke-1.145 Kota Kediri, Sabtu (27/7)/Istimewa.

Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Kodim 0809 Kediri Titiana Aris Setiawan juga ikut menghadiri acara tersebut. Termasuk Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Brigif 16 Wira Yudha Dina Taufik Ismail, Ketua Dharma Wanita Persatuan Novita Bagus Alit, Camat dan Lurah se-Kota Kediri, serta masyarakat umum. 

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya