Hasil Operasi Patuh Jaya, 74 Pengendara Mobil Kena Tilang Gara-Gara Pakai Strobo

Razia penggunaan lampu strobo di jalan sebagai bentuk pengawasan baru dalam Operasi Patuh Jaya, sejak 15 - 28 Juli atau 14 hari.

oleh Tim News diperbarui 29 Jul 2024, 20:43 WIB
Diterbitkan 29 Jul 2024, 20:43 WIB
Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya (Polda Metro Jaya) Komisaris Besar (Kombes) Ade Ary Syam Indradi. (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)
Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya (Polda Metro Jaya) Komisaris Besar (Kombes) Ade Ary Syam Indradi. (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 74 pengendara mobil terkena tilang oleh petugas, gara-gara memakai lampu strobo yang tidak sesuai peruntukannya. Data itu berdasarkan hasil Operasi Patuh Jaya yang dilakukan Polda Metro Jaya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi menjelaskan, razia penggunaan lampu strobo di jalan sebagai bentuk pengawasan baru dalam Operasi Patuh Jaya, sejak 15 - 28 Juli atau 14 hari.

"Ini kami izin tambahkan sekarang, tentang pelanggaran menggunakan rotator, sirine, strobo yang tidak sesuai peruntukannya. Jadi di Operasi Patuh 2024 ini ditemukan ada 74 pelanggaran," kata Ade Ary, Senin (29/7/2024).

Dia menjelaskan, ketika ditemukan ada mobil yang menggunakan lampu rotator, sirine, strobo tidak sesuai peruntukannya maka akan segera dicopot petugas yang berada di lapangan.

"Tidak sesuai kepentingannya, itu dilakukan tilang, kemudian dilepas, dicopot. Kemudian juga didata agar tidak mengulangi lagi. Ke depan akan dilakukan komunikasi juga dengan para penjual peralatan ini untuk dilakukan edukasi," tutur dia.

Sementara dari hasil pemeriksaan, Ade Ary menjelaskan mayoritas dari pengendara mobil yang menggunakan lampu strobo, ternyata bertujuan mendapat prioritas untuk lebih cepat di jalan.

"Nah ini kan jalan ini kan milik bersama, kita bersama-sama. Semua juga ingin cepat pasti ya, ingin cepat sampai tujuan, ingin lancar," sebut dia..

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pengunaan Lampu pada Mobil

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi. Dia mengatakan, penyidik telah melayangkan surat panggilan kepada Tiko Aryawardhana, suami penyanyi BCL.
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi. Dia mengatakan, penyidik telah melayangkan surat panggilan kepada Tiko Aryawardhana, suami penyanyi BCL. (Liputan6.com/ Ady Anugrahadi)

Ade Ary mengatakan, penggunaan strobo telah diatur dalam Pasal 59 Ayat 1 dan Pasal 134 UU 22 Tahun 2009. Di mana, penggunaan lampu itu, hanya bisa dipakai untuk kendaraan tertentu yang mendapat prioritas.

a. Seperti lampu isyarat warna biru dan sirene digunakan untuk kendaraan bermotor petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia

b. Lampu isyarat warna merah dan sirene digunakan untuk kendaraan bermotor tahanan, pengawalan Tentara Nasional Indonesia, pemadam kebakaran, ambulans, palang merah, rescue, dan jenazah; dan

c. Lampu isyarat warna kuning tanpa sirene digunakan untuk kendaraan bermotor patroli jalan tol, pengawasan sarana dan prasarana Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, perawatan dan pembersihan fasilitas umum, menderek Kendaraan, dan angkutan barang khusus.


Kendaraan yang Bisa Melintas

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi.
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi. (Merdeka.com/Bachtiarudin Alam)

Kemudian, tujuh kendaraan yang memperoleh hak utama untuk didahulukan:

1. Kendaraan pemadam kebakaran yang sedang melaksanakan tugas

2. Ambulans yang mengangkut orang sakit

3. Kendaraan untuk memberikan pertolongan pada kecelakaan lalu lintas

4. Kendaraan pimpinan Lembaga Negara Republik Indonesia

5. Kendaraan pimpinan dan pejabat negara asing serta lembaga internasional yang menjadi tamu negara

6. Iring-iringan pengantar jenazah

7. Konvoi dan/atau kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan petugas Polri.

"Selain kendaraan yang kami sebutkan tadi maka tidak boleh menggunakan lampu strobo. Dan apabila yang melanggar dilakukan penegasan, imbauan dan penilangan dan juga dikenai sanksi pidana juga denda," ujarnya.

Sementara untuk data secara keseluruhan hasil pelanggaran yang ditemukan dari Operasi Patuh Jaya, untuk kendaraan roda empat sebanyak 23.636 pelanggaran, mayoritas terkait penggunaan sabuk pengamanan.

Lebih lanjut untuk jenis pelanggaran roda dua mayoritas petugas menemukan 3.738 kasus penggunaan helm SNI, 3.660 pelanggaran melawan arus.

 

 

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: merdeka.com

 

Infografis Fitur Baru Kamera Tilang Elektronik di Jakarta
Infografis Fitur Baru Kamera Tilang Elektronik di Jakarta. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya