Beri Bonus ke Atlet-Pelatih Olimpiade Paris, Jokowi: Dimanfaatkan untuk Tingkatkan Prestasi

Atlet peraih medali emas masing-masing mendapat bonus sebesar Rp6 miliar, sedangkan peraih medali perunggu mendapat Rp1,65 miliar. Selain itu, Jokowi juga memberikan bonus kepada atlet yang berlaga di Olimpiade Paris 2024 meski tak membawa pulang medali, masing-masing Rp250 juta.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 15 Agu 2024, 11:02 WIB
Diterbitkan 15 Agu 2024, 11:02 WIB
Presiden Jokowi saat menerima atlet dan pelatih Olimpiade Paris di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (15/8/2024). (Liputan6.com/Lizsa Egeham)
Presiden Jokowi saat menerima atlet dan pelatih Olimpiade Paris di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (15/8/2024). (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan bonus kepada para atlet serta pelatih yang berlaga di Olimpiade Paris 2024. Jokowi meminta agar bonus yang diberikan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan prestasi sehingga dapat mengharumkan nama Indonesia.

"Bonus ini agar dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk memotivasi, meningkatkan prestasi, dan kemudian kembali mengharumkan nama bangsa dan negara di gelanggang dunia," kata Jokowi saat menerima atlet dan pelatih Olimpiade Paris di Halaman Istana Merdeka Jakarta, Kamis (15/8/2024).

Adapun nominal bonus yang diberikan beragam disesuaikan dengan prestasi yang diraih atlet dan pelatih. Atlet peraih medali emas masing-masing mendapat bonus sebesar Rp6 miliar, sedangkan peraih medali perunggu mendapat Rp1,65 miliar.

Selain itu, Jokowi memberikan bonus sebesar Rp2,750 miliar untuk pelatih yang atletnya meraih medali emas. Sementara untuk pelatih yang atletnya meraih medali perunggu, mendapatkan bonus Rp675 juta.

Jokowi juga memberikan bonus kepada atlet yang berlaga di Olimpiade Paris 2024, meski tak membawa pulang medali. Masing-masing atlet akan mendapatkan bonus senilai Rp250 juta.

"Rp250 juta untuk atlet yang tidak mendapatkan medali sebagai sebuah apresiasi dari pemerintah," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bangkitkan Optimisme

Presiden Jokowi Lepas Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024
Presiden Indonesia, Joko Widodo (tengah) berjalan bersama para atlet Indonesia yang akan berlaga di Olimpiade Paris 2024 dalam upacara pelepasan di Istana Merdeka, Jakarta, 10 Juli 2024. (BAY ISMOYO/AFP)

Jokowi juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada atlet yang sudah berlaga dan membawa pulang medali untuk Indonesia di ajang Olimpiade Paris.

Dia menyebut keberhasilan tersebut membangkitkan optimisme atlet lain untuk mencetak prestasi di event internasional.

"Ini membangkitkan optimisme, membangkitkan harapan para atlet Indonesia lainnya untuk berlomba-lomba mencetak prestasi yang lebih baik di event internasional lainnya," ucap Jokowi.

Sebagai informasi, medali emas diraih oleh Veddriq Leonardo di cabang panjat tebing nomor speed putra dan Rizky Juniansyah di cabang angkat besi nomor 73 kilogram. Sementara itu, medali perunggu diraih Gregoria Mariska Tunjung di cabang olahraga bulutangkis tunggal putri.

Infografis Indonesia Bawa Pulang 2 Medali Emas dan 1 Perunggu Olimpiade Paris 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Indonesia Bawa Pulang 2 Medali Emas dan 1 Perunggu Olimpiade Paris 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya