Peduli Masyarakat, Helen's Medan Lakukan Kegiatan Sosial Bantu Warga Cek Kesehatan Gratis

Helen's Medan menggelar kegiatan sosial guna membantu masyarakat untuk deteksi dini faktor risiko penyakit dengan cek kesehatan gratis.

oleh Tim News diperbarui 20 Agu 2024, 20:25 WIB
Diterbitkan 20 Agu 2024, 17:55 WIB
Helen's Medan menggelar kegiatan sosial guna membantu masyarakat untuk deteksi dini faktor risiko penyakit dengan cek kesehatan gratis.
Helen's Medan menggelar kegiatan sosial guna membantu masyarakat untuk deteksi dini faktor risiko penyakit dengan cek kesehatan gratis. (Ist)

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu upaya preventif pencegahan penyakit adalah dengan melakukan cek kesehatan menyeluruh secara rutin. Hal itu dperlu dilakukan sehingga dapat meningkatkan taraf hidup.

Sayangnya, tingginya biaya cek kesehatan menyeluruh (medical check-up) membuat masih banyak orang Indonesia enggan menjalaninya. Padahal, cek kesehatan ini sangat penting untuk mengetahui kondisi tubuh atau sebagai deteksi dini suatu penyakit.

Guna membantu masyarakat untuk deteksi dini faktor risiko penyakit, Helen's Medan di bawah naungan Holywings Group melalui team CSR HW Peduli menggelar kegiatan sosial pada Sabtu 9 Agustus 2024.

Untuk diketahui, selain Helen's Medan, Holywings Group juga memiliki berbagai outlet seperti Gold Dragon, HW Tiger, HW Live House, HW Superhouse, W Superclub, H Club, Ambyar Super Club, dan Atlas Beach Club Bali.

Team Leader HW Peduli Karis menjelaskan, kegiatan sosial yang menyasar 50 warga Kelurahan Madras Hulu, Medan, Sumatera Utara ini adalah cek kesehatan masal Penyakit Tidak Menular (PTM), seperti tensi, gula darah, kolesterol, asam urat, dan pemeriksaan darah lengkap.

Dia mengatakan, layanan pengecekan kesehatan tanpa biaya atau gratis ini diprioritaskan bagi warga lanjut usia. Dalam kegiatan ini, kata Karis, HW Peduli melibatkan paramedis profesional yang memberikan pelayanan akurat kepada masyarakat.

"Kami ingin memberikan medical check-up gratis demi meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan dan membantu warga yang kesulitan untuk cek kesehatan di rumah sakit yang dianggap mahal," ujar Karis melalui keterangan tertulis, Selasa (20/8/2024).

"Harapannya, pulang dari kegiatan hari ini setidaknya warga sudah mengetahui penyakitnya, bisa mengubah pola hidup dan pola makan agar penyakit cepat teratasi. Bagi warga lain yang hasil check-up-nya dinilai bagus, bisa terus menjaga pola hidup sehat sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit," sambung dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bantu Warga Cek Kesehatan

248 Anak Ikuti Sunatan Massal Gratis di Mapolsek Ciracas
Ekspresi seorang anak saat mengikuti sunatan massal gratis dalam acara Bakti Sosial dan Kesehatan Polri di Mapolsek Ciracas, Jakarta, Kamis (4/7/2019). Selain sunatan massal gratis, acara ini juga diisi dengan pengobatan dan cek kesehatan gratis. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Dalam acara yang digelar sejak pukul 09.00 WIB ini, masyarakat juga dapat langsung berkonsultasi dengan dokter terkait masalah kesehatan yang dialami. Warga yang datang pun menyambut baik program yang dijalankan.

Sekretaris Camat Medan Polonia Rangga Karfika Sakti menilai, kegiatan ini sangat membantu warganya karena banyak warga yang masih enggan mengecek kesehatan karena biaya rumah sakit yang mahal.

"Iya, walaupun ada imbauan untuk cek kesehatan secara rutin untuk cegah penyakit, namun warga masih tidak mau karena biaya di rumah sakit cukup besar," ucap dia.

"Adapun juga jika menggunakan layanan BPJS juga terkendala dengan antrean yang cukup panjang bisa dari pagi hingga sore. Kalau di sini warga bisa duduk-duduk nyaman melihat hiburan sambil cek kesehatan. Terima kasih ya Helen's dan HW Peduli," sambung Rangga Karfika Sakti.

Cek kesehatan ini juga sangat dirasakan manfaatnya oleh warga lainnya seperti Mohammad Lazim. Dia mengaku takut ke rumah sakit karena biayanya yang mahal.

 


Ucapan Syukur Masyarakat

Jaga Pola Hidup Sehat, Mahasiswa Gelar Cek Darah di CFD
Mahasiswa mengecek tensi darah warga saat menggelar pengecekan di car free day (CFD), Jakarta,Minggu (13/1). Sejumlah mahasiswa dari universitas di Jakarta menggelar pengecekan darah bagi warga yang berolahraga saat CFD. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Setelah mendapatkan medical check-up yang dilaksanakan Helen's Medan, Lazim bersyukur karena diperiksa tanpa biaya dan akhirnya dapat mengetahui dirinya memiliki kadar kolesterol tinggi.

"Sebelumnya ragu ke rumah sakit karena biaya terlalu besar, terus saya dapat kabar dari keluarahan bahwa di HW Helen's ada pengobatan gratis. Akhirnya saya datang kemari untuk check-up kesehatan. Hanya ada kolesterol asam urat tensi semua aman," terang Lazim.

"Sangat terbantu karena tidak mengeluarkan biaya. Selama ini saya nggak tahu, akhirnya tahu kalau kolestrol tinggi. Saya harus kurangi makanan jeroan, gorengan yang berminyak minyak," sambung Lazim yang sehari-hari menjadi petugas Keamanan dan Ketertiban ini.

Selama pemeriksaan kesehatan, warga juga diberi edukasi melalui kegiatan talkshow mengenai serba-serbi penyakit kolesterol dan hipertensi. Talkshow kesehatan berlangsung selama 30 menit dengan metode dialog interaktif dengan Dokter Jeanette Marchi dari Rumah Sakit Siloam Dhirga Surya Medan.

Tak hanya pemeriksaan kesehatan masyarakat masal yang digelar, Helen's Medan juga memberikan hiburan. Hiburan ini berisikan lomba lomba yang bertajuk 'Pesta Rakyat' yang diperuntukkan bagi 100 orang warga lainnya yang datang.

INFOGRAFIS JOURNAL_ Beberapa Gejala Permasalahan Kesehatan Mental pada Anak
INFOGRAFIS JOURNAL_ Beberapa Gejala Permasalahan Kesehatan Mental pada Anak (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya