Kemensos Targetkan Operasi Katarak untuk 300 Masyarakat Kepulauan Selayar

Operasi mata katarak tidak hanya dilakukan di Kepulauan Selayar, namun sejumlah daerah pemerintahan lainnya telah dilakukan.

oleh Dicky Agung Prihanto diperbarui 09 Sep 2024, 16:07 WIB
Diterbitkan 09 Sep 2024, 16:07 WIB
Kemensos
Dirjen Rehabilitasi Sosial Kemensos, Supomo saat meninjau pelaksanaan operasi mata katarak di RSUD KH Hayyung, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. (Humas Kemensos)

 

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Sosial (Kemensos) bersama RSUD KH Hayyung, Perdami, Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih, SCTV, Indosiar, Pemkab Kepulauan Selayar, melaksanakan operasi katarak gratis kepada masyarakat Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Kemensos menargetkan operasi dapat dilakukan kepada 300 masyarakat penderita katarak di Kepulauan Selayar.

Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Kemensos, Supomo mengatakan, Kemensos terus berusaha membantu masyarakat penderita katarak untuk melakukan operasi mata katarak. Melalui bhakti sosial Kemensos bersama bersama RSUD KH Hayyung, Perdami, Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih, SCTV, Indosiar, Pemkab Kepulauan Selayar, melakukan operasi mata katarak.

"Target kami 300 lebih masyarakat dapat melakukan operasi katarak di Kepulauan Selayar," ujar Supomo kepada Liputan6.com, Senin (9/9/2024.

Supomo menjelaskan, Kemensos membutuhkan waktu untuk dapat melakukan operasi kepada masyarakat penderita katarak. Menurutnya, Kabupaten Kepulauan Selayar merupakan daerah kepulauan, sehingga masyarakat yang datang dari pulau lain tidak dapat dengan cepat ke lokasi operasi katarak.

"Karena antar pulau, cuacanya masih belum bersahabat, ya kita sabar untuk menanti mereka bisa kita bantu ya," jelas Supomo.

Kemensos bekerjasama dengan RSUD KH Hayyung melakukan operasi mata katarak, apalagi rumah sakit telah representatif dan memiliki dokter mata, guna melanjutkan operasi mata katarak. Operasi mata katarak tidak hanya dilakukan di Kepulauan Selayar, namun sejumlah daerah pemerintahan lainnya telah dilakukan.

"Alhamdulillah untuk kami sudah 10.500 lebih, masyarakat yang kita lakukan operasi katarak," ucap Supomo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kepulauan Selayar Jadi Wilayah Prioritas

Kemensos menjadikan Kepulauan Selayar menjadi salah satu wilayah yang diprioritaskan melakukan operasi mata katarak. Hal yang sama turut dilakukan di wilayah kepulauan terluar dan terdepan wilayah Indonesia untuk mendapatkan bantuan penanganan operasi katarak.

"Kita memberikan perhatian prioritas sehingga Selayar lah salah satu yang sudah menjadi pilihan, kemarin kita sudah ke suku anak dalam Jambi yang juga menjadi prioritas melakukan bakti sosial," terang Supomo.

Tidak hanya memberikan bantuan operasi mata katarak, Kemensos turut membantu Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ), dan penderita Kusta pada sisi kesehatan. Adapun bantuan yang diberikan berupa obat untuk di konsumsi penderita ODGJ dan Kusta.

"Kita memberikan obat yang dulu itu belum dikenal obatnya, jadi orang yang dengan gangguan jiwa itu setiap hari harus minum obat, Alhamdulillah sekarang tidak perlu setiap hari tapi dia sebulan sekali obatnya sudah cukup dengan kemajuan obat-obatan," pungkas Supomo.

infografis journal
infografis journal 5 Jenis Penyakit Hepatitis. (Liputan6.com/Tri Yasni).
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya