Purnatugas Hari Ini, Jokowi Langsung Pulang Kampung ke Solo

Masa jabatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin berakhir pada Minggu (20/10/2024). Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan dilantik sebagai Presiden dan Wapres RI periode 2024-2029 di Gedung MPR Jakarta, hari ini.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 20 Okt 2024, 06:30 WIB
Diterbitkan 20 Okt 2024, 06:30 WIB
Jokowi Iringi Jenazah Ibunda Saat Akan Disalatkan
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Liputan6.com/Fajar Abrori)

Liputan6.com, Jakarta Masa jabatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin berakhir pada Minggu (20/10/2024). Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan dilantik sebagai Presiden dan Wapres RI periode 2024-2029 di Gedung MPR Jakarta, hari ini.

Usai lengser dari jabatan presiden, Jokowi bersama Ibu Negara Iriana akan pulang ke kampung halamannya di Solo, Jawa Tengah. Jokowi langsung menuju Solo usai menghadiri pelantikan di Gedung MPR dan menyambut kedatangan Prabowo di Istana Merdeka Jakarta.

"Tanggal 20 Oktober sore saya pulang ke Solo. Pulang ke Solo dulu, tidur," kata Jokowi kepada wartawan di JCC Senayan Jakarta, Selasa, 8 Oktober 2024.

Jokowi mengaku tidak menggelar acara khusus terkait kepulangannya ke Solo, setelah lengser dari presiden. Dia menyebut akan langsung bertolak ke kediamannya begitu turun dari pesawat.

"Ya pulang aja, pulang naik pesawat turun, kemudian ke rumah, udah," jelas Jokowi kepada wartawan di RSIA Bunda, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 16 Oktober 2024.

Ketua Umum Relawan Pro Jokowi (ProJo) Budi Arie Setiadi mengatakan Jokowi akan ke Solo dengan menggunakan pesawat komersial dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta Timur. Penerbangan Jokowi dijadwalkan pukul 15.00 WIB.

"Betul. Naik pesawat komersial dari Halim. Tanggal 20 Oktober jam 15.00," kata Budi Arie saat dikonfirmasi, Rabu (16/10/2024).

Dia belum bisa memastikan maskapai penerbangan yang akan digunakan Jokowi untuk pulang ke Solo, usai purnatugas sebagai presiden. Berdasarkan penelusuran, maskapai yang memiliki rute Halim Perdanakusuma-Adi Soemarmo, Solo hanya Citilink dan Batik Air.

Jokowi kemungkinan besar akan menggunakan pesawat komersial Citilink untuk pulang ke Solo. Disisi lain, Garuda Indonesia tidak memiliki rute Halim-Adi Soemarmo.

"Kalau enggak salah (pesawat) Citilink atau Garuda," ucap Budi Arie.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo mulai menjabat sejak 20 Oktober 2014. Saat pilpres tersebut, Jokowi terpilih sebagai presiden bersama pasangannya, Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Dalam Pilpres 2019, Jokowi kembali terpilih untuk masa jabatannya yang kedua. Kali ini, Presiden Joko Widodo didampingi oleh Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin. Keduanya dilantik pada 20 Oktober 2019 untuk masa jabatan hingga 20 Oktober 2024.

Masa jabatan Jokowi-Ma'ruf Amin akan berakhir pada 20 Oktober 2024. Sebagai pemenang Pilpres 2024, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan dilantik sebagai presiden dan wakil presiden periode 2024-2029 pada 20 Oktober mendatang.

Baca juga Persiapan Jokowi Jelang Pensiun Sebagai Presiden, Bakal Jadi Penasihat Prabowo?

Jokowi Pamitan dengan Menteri Jelang Pensiun

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar acara makan siang bersama para menteri kabinet Indonesia Maju di Istana Negara Jakarta, Jumat (18/10/2024). Jokowi turut berpamitan dengan jajaran kabinet karena akan segera pensiun pada 20 Oktober 2024.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar acara makan siang bersama para menteri kabinet Indonesia Maju di Istana Negara Jakarta, Jumat (18/10/2024). Jokowi turut berpamitan dengan jajaran kabinet karena akan segera pensiun pada 20 Oktober 2024. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar acara makan siang bersama para menteri kabinet Indonesia Maju di Istana Negara Jakarta, Jumat (18/10/2024). Jokowi turut berpamitan dengan jajaran kabinet karena akan segera pensiun pada 20 Oktober 2024.

Acara ini dihadiri Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Presiden terpilih Prabowo Subianto, sejumlah pimpinan lembaga tinggi negara, para menteri Kabinet Indonesia Maju, para wakil menteri, para anggota Dewan Pertimbangan Presiden, dan sejumlah kepala badan.

Jokowi menyampaikan sambutan dengan mengingat perjalanan 10 tahun pemerintahannya. Menurut dia, banyak tantangan dan hal yang didebatkan dalam rapat kabinet.

"Kita telah lalui bersama-sama. Banyak tantangan-tantangan yang kita diskusikan, kita debatkan, kita ramaikan di dalam rapat-rapat kabinet, rapat terbatas, dan rapat internal," kata Jokowi.

Mantan wali kota Solo itu juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan dan kerja keras seluruh para pembantunya di Kabinet Indonesia Maju selama satu dekade terakhir. Jokowi berharap apa yang telah dikerjakan bersama dapat bermanfaat bagi bangsa dan negara.

"Saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan, atas support, atas kerja keras untuk negara ini. Dan saya berharap apa yang sudah kita lakukan dalam 10 tahun ini bermanfaat bagi rakyat, bermanfaat bagi negara, bermanfaat bagi bangsa kita yang kita cintai," ucap Jokowi.

Tak lupa, Jokowi menyampaikan selamat bekerja kepada Presiden terpilih Prabowo Subianto dan kabinet barunya. Jokowi turut mengucapkan permintaan maaf kepada seluruh jajarannya jika selama masa interaksi dan kerja sama ada hal-hal yang kurang berkenan.

"Hari Minggu siang saya akan pulang ke Solo. Kalau ada yang pas ke Jogja 30 menit nanti lewat tol bisa silakan kalau ada yang ingin ke Solo. Kalau pakai jalan tol ada yang ke Surabaya lewatnya pasti harus lewat Solo, silakan juga kalau ingin mampir ke rumah. Sekali lagi mohon maaf," ucap Jokowi.

Infografis Jokowi dan Keluarga Dilaporkan Kolusi-Nepotisme ke KPK. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jokowi dan Keluarga Dilaporkan Kolusi-Nepotisme ke KPK. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya