Jubir Presiden: Timur Pradopo Belum Ajukan Nama Calon Kapolri

Juru bicara kepresidenan Julian Aldrin Pasha menyatakan Presiden SBY belum menerima usulan nama calon pengganti kapolri.

oleh Rinaldo diperbarui 30 Agu 2013, 15:54 WIB
Diterbitkan 30 Agu 2013, 15:54 WIB
kapolri-130830-b.jpg

Meski rencana pergantian Kapolri diisyaratkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada September mendatang, hingga kini SBY belum menerima usulan nama-nama calon pengganti Jenderal Pol Timur Pradopo itu.

"Belum diajukan oleh Kapolri. Jadi prosedurnya, calon Kapolri diajukan oleh Kapolri, seperti juga Pak Moeldoko yang baru dilantik yang diajukan oleh Panglima TNI," jelas juru bicara kepresidenan Julian Aldrin Pasha di Istana Negara, Jakarta, Jumat (30/8/2103).

Jadi, lanjut Julian, hingga kini proses pemilihan Kapolri baru belum dilakukan karena calonnya belum ada. "Kalau memang sudah ada pengajuan dari Kapolri, tentu proses akan dilanjutkan. Sampai hari ini belum," ujarnya.

Jika selama ini banyak nama yang beredar, lanjut Julian, itu sah-sah saja dan dapat dijadikan pertimbangan. Namun tetap saja usulan dari Kapolri yang akan diproses.

"Bahwa ada masukan dari yang lain seperti Kompolnas, itu hal yang wajar dan itu akan dipertimbangkan oleh Presiden," jelas Julian.

Julian pun menegaskan, sepanjang belum ada usulan nama dari Jenderal Timur Pradopo, maka belum ada pembahasan soal calon Kapolri di Istana Negara.

"Sejauh itu masih belum diajukan oleh Kapolri Jenderal Timur Pradopo berarti belum ada calon Kapolri karena Presiden mendasarkan dari situ," tutup Julian. (Ado/Riz)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya