6 Manfaat Pepaya Buat Perawatan Kulit

Selain itu, adanya enzim papain pun diketahui dapat membuat kulit sehat, bercahaya, dan berseri jika pemakaiannya teratur.

oleh Aprilia Wahyu Melati diperbarui 08 Feb 2023, 12:14 WIB
Diterbitkan 08 Feb 2023, 07:02 WIB
Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dalam 1 Hari Secara Alami
Ilustrasi Pepaya Credit: unsplash.com/Social

Liputan6.com, Jakarta Buah pepaya yang terkenal dapat membantu memperlancar pencernaan ternyata juga bermanfaat untuk perawatan kulit. Karena mengandung vitamin C, buah pepaya dapat membantu menghidrasi kulit, mencegah jerawat, dan masih banyak lagi khasiatnya.

Alam telah memberikan hal baik dan positif untuk manusia. Salah satunya buah-buahan yang menjadi bagian integral dari perawatan kulit sejak dahulu kala.

Dalam hal ini, pepaya menjadi salah satu buah yang luar biasa memiliki manfaat. Buah satu ini mengandung antioksidan, enzim, dan vitamin C. Jadi, pepaya menjadi bahan alami yang baik untuk semua jenis kulit.

Selain itu, adanya enzim papain pun diketahui dapat membuat kulit sehat, bercahaya, dan berseri jika pemakaiannya teratur. Jadi, jika ingin mendapatkan kulit impian Anda, sertakan pepaya ke dalam rutinitas perawatan kulit dan lihat sendiri keajaibannya.

Melansir Timesnownews, Selasa (7/2/2023), berikut ini beberapa manfaat pepaya untuk kesehatan kulit seperti yang direkomendasikan oleh pendiri Deyga Organics Arthi Raguram.

1. Pengelupasan kulit secara alami

Eksfoliasi membantu kulit terbebas dari sel kulit mati dan menjaga kulit tetap bersih. Pepaya berfungsi sebagai eksfoliator alami yang hebat karena enzimnya dengan lembut menggosok sel kulit mati dan memberikan tekstur halus pada kulit. Kulit menjadi bersih dari debu, kotoran, dan sebum berlebih, yang bertanggung jawab menyumbat pori-pori.

2. Mencegah jerawat

Pepaya bertindak sebagai eksfoliator yang sangat baik untuk kulit dan mencegah jerawat. Enzim yang ditemukan dalam pepaya sangat membersihkan pori-pori dan mengurangi peradangan.

Selain itu, juga membantu menghilangkan penumpukan dari kulit, seperti kotoran dan minyak, yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Bahkan mengoleskan pepaya pada jerawat dapat menenangkan dan membantu mengatasi peradangan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


3. Membantu mengatasi noda dan flek hitam

Menyamarkan Flek Hitam dan Mencerahkan Kulit Wajah
Ilustrasi Wajah bebas Flek Hitam Credit: pexels.com/Shia

Pepaya menjadi agen pencerah alami yang membersihkan kulit dan menghilangkan bintik-bintik gelap dan bekas luka. Papain membantu melawan bekas luka dan noda lama, seperti bintik matahari, bekas jerawat, atau bintik lama lainnya yang membuat kulit terlihat kusam. Sering menggunakan pepaya untuk perawatan dapat membuat kulit sehat dan bercahaya serta memberikan hasil akhir yang merata pada kulit.

4. Bekerja sebagai perawatan anti-penuaan

Pepaya mengandung dengan antioksidan yang bagus untuk mencegah radikal bebas, yang bertanggung jawab menyebabkan keriput dan tanda penuaan lainnya. Seiring bertambahnya usia, kolagen mulai berkurang di tubuh dan kulit mulai kehilangan cahaya mudanya. Namun, pepaya meningkatkan produksi kolagen dan secara nyata memperbaiki tekstur kulit, serta mencegah keriput dan garis halus.

5. Menghidrasi kulit

Pepaya sangat bagus untuk kulit kering dan kusam karena sangat melembabkan dan menutrisi kulit. Selain itu, juga dapat membantu mengatasi bercak kering dan bersisik pada kulit dan memberikan hidrasi pada kulit. Gunakan bubur pepaya mentah dan aplikasikan langsung untuk membuat kulit Anda lebih lembut, kenyal, dan lezat.

6. Mencerahkan kulit

Pepaya diperkaya dengan kebaikan vitamin C yang dikenal dapat mencerahkan kulit. Menggunakan pepaya pada kulit menambah kilau sehat pada kulit dan membuat kulit mempertahankan kilau awet muda karena memberikan elastin dan kolagen pada kulit.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya