Aston Martin Vantage GT3 Resmi Jadi Pesaing Ferrari 458

Konsep Aston Martin Vantage GT3 resmi menjadi mobil versi produksi.

oleh Yongki Sanjaya diperbarui 09 Jan 2015, 14:00 WIB
Diterbitkan 09 Jan 2015, 14:00 WIB
Mobil Terkencang Aston Martin Bakal Rilis Bulan Maret
Vantage GT3 menjadi mobil balap versi produksi yang dapat digunakan baik di jalan umum ataupun dipacu di sirkuit.

Liputan6.com, London - Di ajang Geneva Motor Show, pabrikan Aston Martin segera merilis varian mobil mereka yang paling ganas pada bulan Maret 2015 mendatang.

Model dengan nama Vantage GT3 tersebut kini resmi menjadi versi produksi, yang legal dipacu di jalanan umum maupun di sirkuit.

Melansir laman Autocar, Rabu (7/1/2015), varian ini akan mengisi lini model Vantage yang paling ekstrim. Dikatakan, Vantage GT3 sukses kala mengikuti ajang balap GT termasuk ajang balap ketahanan Nurburgring 24 Jam.

Di balik kapnya, tertanam mesin V12 berkapasitas 5,9 liter yang sanggup menyemburkan tenaga sebesar 565 horse power. Pada varian GT3, Aston Martin fokus untuk pengurangan bobot mobil serta mendongkrak output tenaga yang dihasilkan.

Menurut kepala insinyur Aston Martin, Ian Minard, langkah yang akan dilakukan untuk mereduksi bobot kendaraan.

Langkah tersebut dimulai dengan melucuti komponen AC, menyematkan kursi berbobot ringan, serta menyederhanakan tampilan interior. Mobil pun akan menggunakan bodi berbahan serat karbon serta velg roda magnesium ringan.

Penurunan bobot ini membuat Vantage GT3 memiliki rasio power-to-weight sebesar 383 horse power per ton. Angka ini menempatkan Vantage GT3 setara dengan Ferrari 458.

Adapun akselerasi yang dapat ditempuh Vantage GT3 ini dari kondisi diam hingga kecepatan 100 km/jam hanya membutuhkan waktu 3,7 detik. Sementara itu, kecepatan maksimalnya diperkirakan mencapai 330 km/jam.

Menurut kabar, Aston Martin akan memproduksi supercar ini dalam jumlah yang cukup terbatas. Aston Martin akan melepas Vantage GT3 dengan banderol seharga 170 ribu poundsterling.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya