Dua Hal Sepele yang Bikin AC Mobil Bermasalah

Menjaga sistem penyejuk udara pada mobil sudah jadi keharusan agar Anda selalu nyaman saat berkendara.

oleh Liputan6 diperbarui 16 Jun 2015, 14:13 WIB
Diterbitkan 16 Jun 2015, 14:13 WIB
AC Mobil
Foto: http://automotivebee.com/

Liputan6.com, Jakarta - Tentu, Anda pernah memutar switch power AC untuk menyalakan atau mematikan AC ketika berkendara. Tapi, kebiasaan tersebut pasti akan berakhir setelah Anda membaca artikel ini.

Ya, mematikan atau menghidupkan AC ketika putaran mesin tinggi membuat beban pada kompresor mendadak besar. Kondisi ini juga memungkinkan terjadinya gesekan yang terlalu keras antara pulley dan pressure plate pada kompresor AC.

Bila ini terus berlangsung, bukan tidak mungkin komponen magnet clutch kompresor AC cepat aus dan berujung rusak.

"Jadi jangan kaget jika tiba-tiba AC mobil Anda mendadak tidak dingin. Kemungkinan besar hal ini lah yang menjadi penyebabnya,” ujar Sungkana, seorang mekanik Bali Motor, Jakarta Timur.

Ia menyarankan, mengoperasikan AC sebaiknya dilakukan pada saat berhenti. Bila terpaksa, usahakan kurangi kecepatan dan lakukan pada putaran mesin di bawah 2.000 rpm.

Nah, selain kebiasaan sepele di atas, hal lain yang perlu diperhatikan adalah menjaga kabin tetap bersih dan hindarilah merokok saat berkendara.

Perlu diketahui, AC memiliki blower yang berfungsi untuk memutar udara. Udara 'panas' yang dihisap blower dari kabin akan ditiup melewati celah-celah di antara kisi-kisi evaporator yang dingin.

Di evaporator ini, panas diserap oleh sistem. Sehingga udara yang dihembuskan ke kabin mobil akan menjadi dingin.

Bila udara yang tersedot ke evaporator bercampur debu atau abu rokok, praktis membuat kisi-kisi pada evaporator tersumbat dan menggangu kinerja pendinginan.

Parahnya lagi, sumbatan itu bisa mengakibatkan tumbuhnya jamur atau spora yang secara otomatis dapat menimbulkan bau tak sedap dan bahkan berpotensi menggangu kesehatan.

Berikut video yang menjelaskan bagaimana sistem pendingin mobil bekerja: 



(own/gst/sts)


POPULER

Berita Terkini Selengkapnya