Ikuti Negara Maju, Bus Listrik Mulai Beroperasi di Delhi

Kepala Dinas Transportasi Delhi, India, Gopal Rai, mengatakan bahwa kotanya telah resmi menggunakan bus bebas polusi.

oleh Rio Apinino diperbarui 11 Mar 2016, 15:16 WIB
Diterbitkan 11 Mar 2016, 15:16 WIB
Ikuti Negara Maju, Delhi Pakai Bus Listrik di Dalam Kota
Kepala Dinas Transportasi Delhi, India, Gopal Rai, mengatakan bahwa kotanya telah resmi menggunakan bus bebas polusi.

Liputan6.com, Delhi - Kepala Dinas Transportasi Delhi, India, Gopal Rai, mengatakan bahwa kotanya telah resmi menggunakan bus bebas polusi. Bus ini menggunakan energi listrik sebagai sumber tenaganya.

"Ini adalah bus pertama di India yang bebas polusi 100 persen dan beroperasi sepenuhnya menggunakan listrik. Ini adalah proyek percontohan," ujar Gopal, dikutip dari Indiatimes, Jumat (11/3/2016).

Gopal menambahkan, bus akan menjalani masa percobaan selama enam bulan. Bus akan melakukan 10 perjalanan dari Delhi Secretariat ke Central Secretariat setiap hari.

"Jika kita mendapat hasil yang positif setelah enam bulan, kita ingin menambah lebih banyak bus dalam armada kami," tambahnya. Saat ini, telah ada 100 unit bus listrik yang tersedia.

Dikatakan, bus tersebut dikembangkan oleh perusahaan mobil yang berbasis di Tiongkok. Perjanjian ini dilakukan pasca wakil ketua Departemen Transportasi Ashish Khetan mengunjungi Tiongkok tahun lalu.

Sejauh ini, pemerintah Delhi telah menyediakan fasilitas dasar seperti tempat parkir serta stasiun pengisian listrik. Sopir dan kondektur juga telah disediakan.

Di negara-negara maju, bus listrik adalah moda transportasi massal yang umum. Di California, Amerika Serikat (AS), misalnya, bus listrik sebagai moda transportasi publik telah beroperasi sejak Mei 2014 lalu. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya