Interior Bentley Makin Mewah Berkat Lapisan Kayu Eksklusif

Bentley baru-baru ini menambahkan veneer kayu terbarunya dalam lima tahun terakhir yang bernama Liquid Amber.

oleh Yurike Budiman diperbarui 26 Feb 2018, 19:07 WIB
Diterbitkan 26 Feb 2018, 19:07 WIB
Bentley
Bentley menggunakan Liquid Amber, yang veneer kayu yang berasal dari pohon di Mississippi (Carscoops)

Liputan6.com, Jackson - Mobil mewah Bentley baru-baru ini menambahkan pilihan aksen kayu terbaru untuk disematkan di grand tourer mereka yang dinamakan Liquid Amber. Dilansir Carscoops, Senin (26/2/2018), ini menjadi lembaran kayu (veneer) eksklusif ketujuh yang ditambahkan Bentley dalam kurun waktu lima tahun terakhir.

Veneer kayu mungkin sudah cukup umum ditemukan di mobil-mobil terbaru, tapi beberapa produsen mobil lebih memilih untuk melakukan perjalanan jauh seperti yang Bentley lakukan untuk mengambil kayu dari sumber pohon terbaik di dunia.

Liquid Amber berasal dari pohon American Red Gum yang ditemukan di lahan basah Mississippi. Tekstur halus dengan permukaan kilau satin disertai garis-garis hitam pada empulur (bagian terdalam dari batang tumbuhan), menjadi kekuatan veneer American Red Gum. 

American Red Gum memiliki karakteristik khas dari tampilan warna, gurat kayu dan permukaan kayunya. American Red Gum merupakan inti kayu (empulur) dari pohon Sweetgum, yang tumbuh di tengah selatan Amerika Serikat. Adapun di Inggris jenis kayu ini dikenal sebagai Satin Walnut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


selanjutnya

Liquid Amber
Bentley menggunakan veneer kayu yang dinamakan Liquid Amber (Carscoops)

Bentley memiliki akses ke lahan basah Mississippi hanya dua kali setahun untuk memanen kayu. Setelah dipanen, kayu tersebut akan diproses alami untuk memberi kesan warna cokelat yang kental.

Selanjutnya, para ahli akan mengangkutnya ke toko kayu Bentley di Crewe, Inggris, di mana nantinya diperiksa dengan teliti.

Untuk diketahui, sekitar 30-70 persen veneer Liquid Amber yang tiba di Inggris biasanya ditolak oleh produsen mobil. Hanya veneer dengan kualitas terbaik yang bisa diterima, dengan kepadatan tinggi, minim berbahan lunak, dan kurangnya pertumbuhan kulit kayu atau cacat struktural.

Prosesnya diakhiri dengan setiap veneer yang dipotong menjadi lapisan 0,6 mm. Kemudian, membutuhkan waktu selama 18 bulan untuk menguji stabilitas sinar UV dan konsistensi dari pohon ke pohon sebelum trim kayu sampai ke Bentley untuk disematkan sebagai interior mobil yang mewah dan elegan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya