Daihatsu Berbagi Tips Berkendara Irit Secara Virtual Pekan Ini

Berbagi tips berkendara, Daihatsu dan GT Radial kembali menggelar acara bertajuk Ngobrol Asik, Sabtu, 17 Oktober 2020. Ditayangkan langsung melalui Instagram @daihatsuind, acara kali ini mengangkat tema Eco Driving.

oleh Dian Tami Kosasih diperbarui 21 Okt 2020, 13:00 WIB
Diterbitkan 21 Okt 2020, 13:00 WIB
Logo Daihatsu
Logo Daihatsu (Foto: carlogos.org).

Liputan6.com, Jakarta - Berbagi tips berkendara, Daihatsu dan GT Radial kembali menggelar acara bertajuk Ngobrol Asik, Sabtu, 17 Oktober 2020. Ditayangkan langsung melalui Instagram @daihatsuind, acara kali ini mengangkat tema Eco Driving.

Merupakan acara talkshow, Daihatsu juga mengundang Senior Instructor dari SDCI (Safety Defensive Consultant Indonesia), Sony Susmana dan Proving Ground On VehicleTest Manager PT Gajah Tunggal, Zulpata Zainal untuk memberikan informasi edukatif.

Bila sebelumnya, Daihatsu membahas tentang safety driving & defensive driving, tema Eco Driving merupakan kombinasi dari kedua teknik tersebut.

Sesuai namanya, Eco Driving ialah Economical Driving yang berarti teknik berkendara untuk mengoptimalkan efisiensi bahan bakar. Memiliki beragam manfaat, pengendara dapat lebih hemat BBM (Bahan Bakar Minyak), mengurangi tingkat polusi, meminimalisir risiko kecelakaan di jalan raya, dan membuat komponen mobil lebih awet.

Sony menjelaskan, terdapat banyak teknik dalam melakukan Eco Driving, salah satunya menggunakan kendaraan yang sudah dilengkapi indikator Eco, merencanakan rute perjalanan sesuai kebutuhan dan memanaskan mesin selama 1 menit.

Selain itu, pengendara juga harus berkendara sehalus mungkin dan menjaga kecepatan konstan sekitar 60-80 Kilometer per Jam, serta rpm di putaran 2.000. Tak lupa menjaga jarak dengan kendaraan lain, gunakan engine brake untuk deselerasi serta atur suhu AC ideal di kabin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Gunakan Bahan Bakar yang Direkomendasikan

Saat menunggu di dalam mobil lebih dari 5 menit, jangan lupa matikan mesin serta membuka jendela. Pemilik kendaraan juga harus melakukan perawatan kendaraan secara berkala, dan menggunakan bahan bakar kendaraan yang direkomendasikan.

"Melalui sharing tips Eco Driving ini, Sahabat dapat berkendara secara aman, nyaman dan lebih hemat," kata Elvina Afny, Customer Satisfaction & Value Chain Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

 


Pemilihan Ban

Untuk pemilihan ban, Zulpata dari GT Radial menambahkan, jenis Eco merupakan ban yang telah menggunakan bahan baku ramah lingkungan, didesain khusus agar hambatan gulirnya rendah.

Ia juga berpesan agar selalu menjaga dan merawat ban, karena si kulit bundar memiliki andil besar dalam menjaga keselamatan pengendaranya.

"Kami berharap, Sahabat dapat menerapkan teknik Eco Driving sehari-hari, sehingga sahabat dapat lebih hemat bahan bakar, bisa menabung untuk keperluan lainnya di tengah kondisi pandemi seperti saat ini serta tetap ramah lingkungan,” ujar Elvina.


Infografis Lockdown Bukan Lagi Cara Utama Cegah Covid-19

Infografis Lockdown Bukan Lagi Cara Utama Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Lockdown Bukan Lagi Cara Utama Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya