Gara-Gara Airbag, Toyota Recall Model SUV Ini

Toyota berlakukan penarikan kembali terhadap unit mereka di India. Model yang disinyalir terkendala ini adalah Urban Cruise.

oleh Fahmi Rizki diperbarui 23 Mar 2021, 17:00 WIB
Diterbitkan 23 Mar 2021, 17:00 WIB
Toyota Urban Cruise direcall akibat masaslah pada airbag
Toyota Urban Cruise direcall akibat masaslah pada airbag

Liputan6.com, New Delhi - Penarikan kembali yang dilakukan Toyota terhadap model terbaiknya, ternyata tidak terjadi di pasar otomotif Indonesia saja. Baru-baru ini, melansir dari gaadiwaadi, Toyota sudah memberlakukan penarikan kembali untuk unit Urban Cruiser karena masalah airbag.

Tidak tanggung-tanggung, pada program recall tersebut tercatat sebanyak 9.498 unit yang harus diperbaiki lantaran ada yang tidak beres pada sistem airbag. Dijelaskan, airbag yang disinyalir tidak bekerja berada di sisi pengemudi, oleh karena itu prinsipal langsung bergerak cepat dan memutuskan untuk menarik kembali dari pasaran.

Model Toyota Urban Cruise ini diproduksi di pabrik Toyota India yang berada di bawah naungan Maruti Suzuki. Meski produk tersebut berada pada satu line produksi dengan produk Suzuki, namun untuk model Suzuki Vitara Brezza yang merupakan saudara kembar dari Urban Cruise, tidak mengalami masalah kerusakan pada airbag.

Meski tidak dijelaskan secara resmi terkait masalah tersebut, namun Toyota India mulai melakukan penarikan kembali dengan menghubungi para konsumennya untuk segera melakukan perbaikan terhadap komponen tersebut.

Jika pada pemeriksaan diketahui ada bagian komponen yang rusak, maka prinsipal langsung memberikan penggantian untuk komponen tersebut secara baru dan tidak memungut biaya apapun dari konsumen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Berikut Ini


Spesifikasi Toyota Urban Cruise

Spesifikasi mesin Toyota Urban sama seperti Suzuki Vitara Brezza (Carwale)
Spesifikasi mesin Toyota Urban sama seperti Suzuki Vitara Brezza (Carwale)

Toyota Urban Cruise ini dibekali dengan mesin berkapasitas 1.5 liter dengan tenaga sebesar 105 tk dan torsi maksimum 138 Nm. Tenaga tersebut terkoneksi dengan sistem transmisi manual lima percepatan dan automatic empat percepatan. Padahal, dari segi keselamatan Toyota Urban Cruise ini mampu menorehkan uji keselamatan dengan mendapatkan 4 bintang dari 5 bintang.

Mesin tersebut juga diadopsikan pada model Suzuki Vitara Brezza, karena pada dasarnya Toyota Urban Cruise ini merupakan rebadge dari produk Suzuki namun menggunakan brand dari Toyota.


Infografis 6 Tips Isolasi Mandiri di Rumah

Infografis 6 Tips Isolasi Mandiri di Rumah. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 6 Tips Isolasi Mandiri di Rumah. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya