Sasar Usaha Kecil Menengah, Gerobak Listrik Serius Jajaki Yogyakarta

PT Solar Panel Indonesia, resmi membuka diler kendaraan Gerobak Listrik (Gelis) kesepuluh di Yogyakarta

oleh Arief Aszhari diperbarui 01 Nov 2021, 12:04 WIB
Diterbitkan 01 Nov 2021, 12:04 WIB
Gerobak Listrik Resmikan Diler di Yogyakarta (Ist)
Gerobak Listrik Resmikan Diler di Yogyakarta (Ist)

Liputan6.com, Jakarta - PT Solar Panel Indonesia, resmi membuka dealer kendaraan Gerobak Listrik (Gelis) kesepuluh di Yogyakarta. Pusat penjualan ini, berlokasi di Komplek Ruko Gatic, Jalan Perumnas, Seturan, Depok, Sleman.

Sebelumnya, dealer Gelis ini sudah ada di beberapa daerah di Indonesia, seperti Bandung, Surabaya, dan Bali serta beberapa kota besar lainnya.

Direktur Gelis Yogyakarta, Sahnu Wijaya mengatakan, Gelis merupakan kendaraan roda tiga bertenaga listrik pertama di Indonesia.

Kendaraan ini dinilai merupakan bisnis masa depan guna mendukung lingkungan ramah lingkungan, dan program pemerintah 2050 semua kendaraan harus listrik.

"Kendaraan ini dikembangkan oleh putra-putri Indonesia lulusan Jerman. Mereka sebelumnya setelah lulus berkarir di negara tersebut dan kembai ke Indonesia untuk mengembangkan kendaraan listrik ini," jelasnya dalam keterangan resmi yang diterima Liputan6.com, Minggu (31/10/2021).

Sedangkan keberadaan diler Gelis di Yoyakarta sebagai solusi bagi usaha mikro kecil menengah (UMKM) dalam mengembangkan usahanya.

Pasalnya, banyak dari model kendaraan ini, bisa digunakan untuk berbisnis, seperti Gelis Retro untuk mendukung usaha kuliner (angkringan berjalan), Gelis Garb untuk truk sampah, Gelis Light Metal dan Chasis untuk warung berjalan.

"Jadi sasaran kita (Diler Gelis Yogyakarta) UMKM, kususnya yang ada di DIY dan Jawa Tengah," tambahnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kelebihan Gelis

Sementara itu, kelebihan lainnya, dalam operasinya Gelis hemat 70 persen dibandingkan kendaraan dengan tenaga fosil (BBM).

Sebagai perbandingan per kilometer kendaraan roda tiga dengan BBM konsumsinya setara Rp 300, untuk Gelis Rp 62 per kilometer. Gelis juga tidak memakai oli, tidak berisik dan lebih bersih serta perawatan juga lebih rendah.

Baterai yang digunaka Gelis setelah diisi empat jam, jenis Rpla bisa menempuh 30 Km dan jenis litium sejauh 60 Km. Untuk pengisian baterei juga mudah bisa langsung dihubungkan dengan listrik di rumah.

Saat ini, untuk diler yang di Yogyakarta sudah mendapatkan pesanan 100 unit untuk kendaraan sewa niaga. 4 unit perorangan, dan 3 pemkot Solo untuk perpustakaaan keliling serta dari PLTU Jepara.

 

 


Infografis 8 Tips Liburan Akhir Tahun Minim Risiko Penularan Covid-19

Infografis 8 Tips Liburan Akhir Tahun Minim Risiko Penularan Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 8 Tips Liburan Akhir Tahun Minim Risiko Penularan Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya