Mobil Listrik Chery Bakal Gunakan Baterai Berteknologi Sodium-Ion

Chery terus berinovasi di pasar mobil listrik. Tidak hanya soal model yang akan diluncurkan, tapi juga ekosistemnya seperti baterai yang bakal digunakan pabrikan asal Cina tersebut.

oleh Arief Aszhari diperbarui 24 Apr 2023, 12:01 WIB
Diterbitkan 24 Apr 2023, 12:01 WIB
Mobil Listrik Chery Bakal Pakai Baterai Teknologi Canggih Sodium-Ion (Carnewschina)
Mobil Listrik Chery Bakal Pakai Baterai Teknologi Canggih Sodium-Ion (Carnewschina)

Liputan6.com, Jakarta - Chery terus berinovasi di pasar kendaraan listrik. Tidak hanya soal model yang akan diluncurkan, tapi juga ekosistemnya seperti baterai yang bakal digunakan pabrikan asal Cina tersebut.

Disitat dari Carnewschina, ditulis Minggu (23/4/2023), Chery telah menjalin kemitraan dengan pabrikan baterai besar asal Negeri Tirai Bambu, Contemporary Amperex Technology Co. Limited (CATL).

Bahkan, kedua perusahaan ini telah memamerkan baterai sodium-ion dengan kepadatan energi 160 Wh/kg, yang sedikit di bawah baterai Lithium Ferro Phosphate (LFP).

Selain itu, CATL juga telah mengumumkan bahwa baterai sodium ion generasi berikutnya bisa melebihi kepadatan energi hingga 200 Wh/kg.

Baterai canggih milik CATL untuk Chery ini, kemungkinan besar akan mulai diproduksi secara massal pada 2023.

Sementara itu, berbicara keuntungan dari baterai sodium-ion ini, adalah lebih murah dari segi ongkos produksi, performa yang lebih baik saat temperatur rendah, serta lebih aman. Hasilnya, baterai sodium-ion ini, disebut sebagai baterai masa depan untuk mobil listrik.

Sebagai informasi, khusus untuk Chery, CATL akan memberi nama merek baterai canggih ini dengans ebutan ENER-Q.


Mengintip Chery Omoda 5 EV yang Tampil Canggih di Shanghai Auto Show 2023

Chery Omoda 5 merupakan mobil Sport Utility Vehicle (SUV) Crossover yang cukup diminati saat ini. Bahkan, penjualan Omoda 5 di kuartal pertama 2023 telah berhasil memperkuat posisi Chery di pasar Global.

Melihat perkembangan yang positif tersebut, sepertinya Chery sudah siap untuk segera memasarkan Omoda 5 Electric Vehicle (EV). Saat ini, Chery Omoda 5 EV pun sedang memamerkan diri di Shanghai Auto Show 2023.

dilansir dari paultan, sepertinya versi listrik dari SUV Crossover yang dipamerkan ini sudah dalam bentuk produksi akhir. Jika dilihat dari eksterior, Omoda 5 EV memiliki desain yang cukup berbeda dari versi Internal Combustion Engine (ICE).

Desain Omoda 5 EV sangat merepresentasikan mobil listrik bertenaga baterai pada umumnya. Salah satu perubahan yang paling jelas terlihat pada bagian fascia alisa wajahnya.

Tampilan Omoda 5 EV terlihat lebih futuristik dengan Grille polos dan Daytime Running Light (DRL) baru. Desain tersebut jauh berbeda dari varian konvensionalnya yang memiliki Grille berpola. 

Infografis Prediksi Pergerakan 123 Juta Orang Saat Musim Mudik Lebaran 2023. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Prediksi Pergerakan 123 Juta Orang Saat Musim Mudik Lebaran 2023. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya