Penjualan Mobil Tembus 1 Juta Unit, Lembaga Pembiayaan Clipan Finance Bagi-Bagi Dividen

Penjualan mobil di Indonesia pada 2022 mengalami peningkatan yang cukup signifikan pada 2022

oleh Arief Aszhari diperbarui 27 Jun 2023, 09:01 WIB
Diterbitkan 27 Jun 2023, 09:01 WIB
Lembaga Pembiayaan Clipan Finance Bagi Dividen Jumbo (ist)
Lembaga Pembiayaan Clipan Finance Bagi Dividen Jumbo (ist)

Liputan6.com, Jakarta - Penjualan mobil di Indonesia pada 2022 mengalami peningkatan yang cukup signifikan pada 2022. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), retail (diler ke konsumen) roda empat pada tahun lalu mencapai 1.013.582 unit.

Hasil yang positif dari industri otomotif ini, tentu saja berpengaruh terhadap lini bisnis pendukungnya seperti lembaga pembiayaan. Salah satunya, adalah Clipan Finance yang menutup kinerja 2022 dengan hasil yang cukup memuaskan.

Lembaga pembiayaan ini, berhasil berhasil menutup 2022 dengan kinerja yang sangat baik dengan pertumbuhan laba hingga 571,02 persen dan pembiayaan lebih dari 100 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Selain itu manajemen optimis akan mencapai target yang telah ditetapkan di tahun 2023 mengingat pertumbuhan year to date (ytd) Mei 2023 dibanding ytd Mei 2022 di atas pertumbuhan multifinance saat ini.

Dengan demikian, salah satu hasil keputusan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dan Luar Biasa (RUPS LB), adalah persetujuan pemegang saham untuk membagikan dividen tunai sebesar Rp389,45 miliar atau Rp100 per lembar saham.

Jumlah dividen tunai yang dibagikan tersebut setara dengan lebih dari 100 persen dari laba bersih pada tahun 2022.


Pemegang saham

Direktur Utama Perseroan, Harjanto Tjitohardjojo mengatakan, usulan pembagian dividen ini merupakan tindak lanjut aspirasi para pemegang saham. Dengan pembagian dividen ini.

"Perseroan berharap pemegang saham dapat merasakan manfaat atas kepemilikannya, serta mengisyaratkan saham Clipan Finance (dengan kode saham: CFIN) memiliki potensi kuat untuk terus tumbuh berkelanjutan di masa yang akan datang, tentunya didukung oleh kinerja keuangan yang memadai, kecukupan atas tata kelola Perusahaan yang Baik, serta sumber daya manusia yang unggul," jelas Harjanto, dalam keterangan resmi, Senin (26/6/2023).

Sementara, untuk jadwal pembagian dividen tunai akan diumumkan bersamaan dengan ringkasan risalah Rapat di situs web Bursa Efek Indonesia, Kustodian Sentral Efek Indonesia, dan situs web Perseroan pada Senin, 26 Juni 2023.

Infografis Jenis-Jenis Plastik yang Berpotensi Jadi Sampah
Infografis Jenis-Jenis Plastik yang Berpotensi Jadi Sampah. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya