Pakai Kendaraan Listrik Sepenuhnya di IKN, Menhub Bakal Ajak Swasta

Di Ibu Kota Nusantara (IKN) nanti, kendaraan listrik akan menjadi moda transportasi sepenuhnya

oleh Arief Aszhari diperbarui 30 Mei 2024, 10:11 WIB
Diterbitkan 30 Mei 2024, 10:11 WIB
IKN  Nusantara
Pembangunan Istana Negara dan Kantor Presiden, serta lapangan upacara di kawasan inti pusat pemerintahan Kota Nusantara, IKN masa depan Indonesia hingga kini sudah mencapai 54,7 persen. Foto: IKN

Liputan6.com, Jakarta - Di Ibu Kota Nusantara (IKN) nanti, kendaraan listrik akan menjadi moda transportasi sepenuhnya. Bahkan, pihak pemerintah sendiri, akan bekerja sama dengan pihak swasta telah menyiapkan sejumlah fasilitas kendaraan listrik untuk digunakan masyarakat di sana.

"Kami memperbarui kendaraan listrik atau EV di IKN bersama beberapa (perusahaan) swasta," kata Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi saat ditemui dalam acara peresmian ITS Asia Pacific Forum 2024 di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, disitat dari Antara, Rabu (29/5/2024).

Misalnya, perusahaan transportasi Indonesia PT Blue Bird Group Tbk akan menghadirkan layanan transportasi publik ramah lingkungan di kawasan IKN. Selain itu, ada perusahaan luar negeri yang berminta untuk menyediakan kendaraan ramah lingkungan di IKN.

Melalui kolaborasi tersebut, Budi berharap visi IKN sebagai pionir kota berbasis transportasi cerdas di Indonesia.

“EV itu tidak hanya didukung oleh pemerintah atau instansi yang mengadakan, tetapi swasta juga (diharapkan) ikut mendukung pelaksanaannya ke depan,” kata Budi.

Lebih lanjut, Budi merencanakan bahwa uji coba kendaraan listrik di IKN akan dilakukan mulai bulan Agustus 2024. Jika uji coba selesai dilaksanakan, pemerintah secara bertahap akan memperluas fasilitas dan layanan kendaraan listrik di IKN.

“Kita harapkan, Agustus itu uji coba (kendaraan listrik),” tutup Budi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kendaraan Listrik Komersial

Dia menambahkan nantinya akan terdapat (kendaraan listrik) untuk komersial, dan ada juga untuk leasing atau digunakan secara sesaat.

Tidak sendiri, pemerintah akan menggandeng sejumlah perusahaan swasta lainnya untuk menggunakan serta menghadirkan kendaraan listrik di IKN.


Infografis Konsep Future Smart Forest City di IKN Nusantara

Infografis Konsep Future Smart Forest City di IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Konsep Future Smart Forest City di IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya