Cara Mengatasi Karat pada Rangka Sepeda Motor Kesayangan

Rangka sepeda motor tentu saja menjadi bagian penting, yang harus dijaga untuk menunjang keselamatan berkendara

oleh Arief Aszhari diperbarui 05 Jun 2024, 06:09 WIB
Diterbitkan 05 Jun 2024, 06:09 WIB
Honda Pertegas Bercak Kuning pada Rangka eSAF Bukanlah Karat
Honda Pertegas Bercak Kuning pada Rangka eSAF Bukanlah Karat

Liputan6.com, Jakarta - Rangka sepeda motor tentu saja menjadi bagian penting, yang harus dijaga untuk menunjang keselamatan berkendara. Namun, saat ini, banyak kasus rangka sepeda motor yang berkarat, dan tentunya menggangu penampilan si kuda besi kesayangan.

Disitat dari lama resmi Wahana Honda, karat sendiri adalah hasil dari proses kimia yang terjadi pada besi, yang menghasilkan iron oxide berupa noda berwarna merah kekuningan pada permukaan besi. Proses ini utamanya disebabkan oleh paparan udara dan kelembaban. Namun, karat juga dapat dipicu oleh zat asam.

Untuk mencegah terbentuknya karat, produsen sepeda motor biasanya melapisi permukaan besi dengan cat pelindung. Namun, biasanya seiring waktu berjalan, lapisan cat dapat mengalami goresan atau mengelupas.

Ketika besi yang terlindungi cat terpapar udara, kelembaban, cairan, atau asam, karat dapat muncul dengan cepat.

Jika karat dibiarkan, bisa menyebar ke area sekitarnya dan merusak rangka sepeda motor. Iron oxide yang terbentuk dari karat akan melemahkan besi, menjadikannya rapuh, dan akhirnya merusaknya.

Lalu, bagaimana cara membersihkan karat di sepeda motor?

Untuk mencegah terbentuknya karat, penting untuk secara rutin memeriksa apakah ada lapisan cat yang mengelupas pada komponen besi sepeda motor.

Jika ditemukan, segera lakukan pengecatan ulang untuk melindungi besi dari paparan langsung terhadap udara dan kelembaban.

Ingatlah, menjaga rangka sepeda motor dari karat adalah langkah penting dalam mempertahankan nilai dan performa sepeda motor.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jangan Sepelekan

Jadi, jangan sepelekan masalah karat pada rangka sepeda motor. Dengan langkah-langkah pencegahan yang tepat, rangka sepeda motor bisa tetap terawat dan tampilan yang menarik.

Untuk menjaga kondisi motor tetap prima, selalu lakukan pemeriksaan dan perawatan rutin di bengkel AHASS, agar seluruh fitur dan komponen sepeda motor bisa bekerja secara optimal.


Infografis Mobil Kepresidenan

Infografis Mobil Kepresidenan
Mobil Kepresidenan di Indonesia
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya