Porsche Tabrak Truk di Bahu Jalan, Krishna Murti: Mobil Harus Kita Kendalikan

Kecelakaan lalu lintas kembali melibatkan sebuah mobil sport, Porsche Cayman dan truk kargo di KM 5+200 B, sebelum Tol GT Kuningan 2, Rabu (19/6/2024), dini hari sekitar pukul 01.40 WIB

oleh Khizbulloh Huda diperbarui 19 Jun 2024, 19:50 WIB
Diterbitkan 19 Jun 2024, 19:01 WIB
Sebuah mobil Porsche menabrak truk di KM 5+200 B sebelum GT Kuningan 2, Rabu, (19/6/2024) dini hari.
Sebuah mobil Porsche menabrak truk di KM 5+200 B sebelum GT Kuningan 2, Rabu, (19/6/2024) dini hari. (Tim Merdeka).

Liputan6.com, Jakarta - Kecelakaan lalu lintas kembali melibatkan sebuah mobil sport, Porsche Cayman dan truk kargo di KM 5+200 B, sebelum Tol GT Kuningan 2, Rabu (19/6/2024), dini hari sekitar pukul 01.40 WIB. Dari foto yang beredar, kendaraan performa tinggi asal Jerman ini ringsek parah hingga masuk ke kolong truk.

Porsche yang terlibat dalam kecelakaan tersebut terindikasi adalah 718 Cayman generasi kedua. Berkelir abu-abu, diperkirakan itu adalah model tahun 2011.

Dari keterangan Kasi Laka Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Diella Kartika Artha, mobil sport dua kursi yang dikemudikan inisial TP (31) itu melaju melalui jalan tol dalam kota arah timur.

Akibat dari kecelakaan tersebut, pengemudi meninggal dunia, sementara penumpang di sampingnya berhasil selamat dengan meninggalkan trauma dan syok.

"Pengemudi kendaraan Porsche Cayman meninggal dunia di lokasi. Kemudian Penumpang kendaraan Porsche Cayman atas nama JI mengalami trauma dan syok," ucap Diella.

Menurut keterangan, Cayman ini sempat tersangkut dan terbawa sejauh 150 meter sebelum pengemudi truk sadar ada mobil yang tersangkut di belakang.

Kepala Divisi Hubungan Internasional (Kadiv Hubinter) Polri Irjen Krishna Murti turut menyoroti peristiwa ini melalui unggahan media sosial Instagramnya. Dirinya mengimbau agar pengendara tertib berlalu lintas dan tidak melintasi bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat.

"Coba kalian lihat baik2 lokasi kecelakaan adalah bahu jalan. Intinya: JANGAN PERNAH SEKALIPUN MENGEMUDI DI BAHU JALAN SELAIN UNTUK DARURAT." tulisnya menghimbau.

"Sedarurat apa kalian, hingga harus ambil bahu jalan untuk salip2? Mobil itu harus kita kendalikan. Bukan mobil yang mengendalikan kita," lanjutnya.

Kasus kecelakaan lalulintas masih ditangani pihak kepolisian dan penyelidikan masih berlanjut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sistem Keselamatan Canggih

New Porsche Cayman
Porsche Cayman

Sebagai mobil sport yang membutuhkan kemampuan aerodinamis dan memiliki bobot yang ringan, bodi Porsche Cayman 2011 dibuat di atas bahan baja galvanis sebagai material utama yang membuat strukturnya kokoh sembari mempertahankan bobot ringan. Material itu dicampur bahan komposit atau aluminium demi peningkatan efisiensi kendaraan.

Perlindungan dari sisi fitur keselamatan sejatinya telah diberikan Cayman 2011. Namun, separah apa pun kecelakaan akan bergantung pada kebiasaan pengemudi dan caranya menyetir.

Porsche Cayman 2011 dilengkapi rem ABS yang otomatis mendeteksi kapan ban berhenti berputar saat pengereman ekstrem, kontrol stabilitas yang otomatis mendeteksi ketika batas handling kendaraan telah terlampaui dan mengurangi tenaga mesin sembari menerapkan rem, serta pretensioner yang otomatis mengencangkan sabuk pengaman ketika terjadi tabrakan.

Sementara airbag terletak di depan, samping, dan di atas kepala alias overhead.

Untuk diketahui, Cayman 2011 berbekal mesin 2,9 liter 6-silinder segaris yang mampu mengeluarkan 265 tenaga kuda di putaran 7.200 RPM dan torsi maksimum 221 Nm di putaran 4.400 RPM untuk menggerakkan roda belakangnya.

Infografis Kasus Kecelakaan Bus Pariwisata Saat Study Tour
Infografis Kasus Kecelakaan Bus Pariwisata Saat Study Tour.  (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya