Performa Yamaha NMax Turbo Diuji Lewat Program Tour Boemi Nusantara

Setelah sukses menggelar kegiatan Workshop dan Test Ride pada Juni lalu, Yamaha Indonesia kembali menantang media massa nasional dan komunitas sepeda motor untuk menjajal berbagai keunggulan NMax 'Turbo'

oleh Septian Pamungkas diperbarui 27 Jul 2024, 12:06 WIB
Diterbitkan 27 Jul 2024, 12:06 WIB
NMax Turbo
Rangkaian touring jarak jauh bertajuk NMAX Tour Boemi Nusantara (NTBN) yang akan berlangsung dari 25 Juli hingga Oktober 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah sukses menggelar kegiatan Workshop dan Test Ride pada Juni lalu, Yamaha Indonesia kembali menantang media massa nasional dan komunitas sepeda motor untuk menjajal berbagai keunggulan yang dimiliki oleh NMax 'Turbo'.

Kali ini, melalui kegiatan yang berorientasi pada riding experience, yakni lewat rangkaian touring jarak jauh bertajuk NMAX Tour Boemi Nusantara (NTBN) yang akan berlangsung dari 25 Juli hingga Oktober 2024.

Terdapat 13 etape perjalanan yang melintasi 6 pulau besar di Indonesia, mulai dari Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sumatera, Sulawesi, hingga Kalimantan. Peserta yang terlibat di event NTBN akan diajak mengeksplorasi keindahan alam dan budaya Indonesia, sembari membuktikan langsung performa dan kecanggihan fitur baru pada motor dalam mendukung kebutuhan mobilitas jarak jauh.

“Dalam rangka menghadirkan pengalaman berkendara baru yang lebih menyenangkan kepada awak media dan para pecinta skutik premium di Tanah Air, Yamaha pun menggelar kegiatan touring jarak jauh bertajuk NMAX Tour Boemi Nusantara selama 4 bulan kedepan. Tidak hanya sebatas mengeksplorasi keindahan alam dan ragam budaya Indonesia yang membentang dari Barat hingga Timur, touring sejauh ribuan kilometer ini juga turut menjadi momen pembuktian berbagai fitur-fitur canggih yang dimiliki NMAX “TURBO”, dalam menaklukan berbagai macam medan jalan di Indonesia,” ungkap Antonius Widiantoro, Asst. General Manager Marketing – Public Relation, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg.

Etape pertama rangkaian touring NTBN sendiri, mengambil rute perjalanan Jakarta – Yogyakarta sejauh lebih dari 500 kilometer yang berlangsung pada 25 – 27 Juli 2024.

Hari pertama perjalanan, rombongan peserta yang terdiri dari puluhan awak media nasional dan komunitas Maxi Yamaha, mengambil titik start dari Yamaha Flagship Shop, Cempaka Putih, Jakarta dan langsung menuju kota Cirebon melalui jalur Pantura.

Menariknya saat menyambangi kota Cirebon, para peserta sempat disambut dan diportal oleh anggota komunitas MAXi setempat.

Esok harinya, setelah puas berkeliling mendatangi landmark ikonik di kota Cirebon, rombongan bergerak menuju dataran tinggi Dieng via Bawang-Khayangan.

Jalur ini cukup menantang, pasalnya didominasi dengan tanjakan dan turunan panjang yang disertai tikungan-tikungan tajam.

Namun di sisi lain, pada momen inilah para awak media yang mengendarai Yamaha NMax 'Turbo' justru dapat mencoba fitur Riding Mode dan Y-shift secara lebih optimal.

Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Farhan Maulana Syarif, salah satu Komunitas YRFI yang ikut dalam event.

"Jalur menuju Dieng via Bawang benar-benar menantang. Tanjakan dan turunan curam yang panjang disertai tikungan tajam sangat menguji skill berkendara. Tapi justru kondisi ini cocok untuk mencoba teknologi YECVT yag ada di NMAX "TURBO". Dan bagi saya pribadi sensasi berkendara turbonya bukan gimmick. Tanjakam curam bisa dilibas tanpa kendala. Saat turunan curam pun sama, yinggal mainin Y-Shift nya motor langsung deselerasi secara instan. Motor ini bener fun to ride,” terangnya.

Setibanya di Dieng, peserta pun menginap semalam, dan esok harinya menyempatkan diri untuk mengeksplorasi beberapa spot wisata di sana, seperti candi Arjuna dan juga Batu Pandang yang merupakan lokasi titik 0 dataran tinggi Dieng yang memang menyuguhkan pemandangan sangat eksotis.

Setelah puas mengeksplorasi spot wisata, perjalanan kemudian dilanjut ke kota Yogyakarta melalui Magelang dan finish di Candi Prambanan, Klaten, Jawa Tengah.

Candi Prambanan sendiri dipilih sebagai lokasi finish Etape 1 perjalanan touring NTBN, karena menjadi tempat perhelatan event akbar MAXI Yamaha Day 2024 untuk yang pertama kalinya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Respon Positif

Selama melakoni kegiatan touring 3 hari bersama NMAX 'TURBO', banyak apresiasi yang diberikan oleh awak media terhadap performa berkendara motor.

Selain puas dengan fungsi fitur Y-Shift dan juga Riding Mode yang memberikan feeling berkendara baru, riding position NMAX generasi anyar juga dinilai lebih nyaman dibanding model sebelumnya. Pasalnya, desain body bagian tengah dirasa lebih ramping sehingga membuat posisi kaki dapat lebih leluasa menjempit area rangka deck tengah.

“Untuk saya yang punya postur badan cukup tinggi, posisi riding NMAX “TURBO” ini enak dan ergonomis. Selain ruang kakinya lega untuk selonjoran sehingga tidak mudah pegal. Area body tengahnya juga lebih ramping, kaki pun terasa lebih nge-grip ke area deck motor untuk membantu manuver yang lebih lincah,” ungkap Benny H. Suryakusumah, salah satu jurnalis yang turut ikut dalam kegiatan touring.

Ragkaian event NMAX Tour Boemi Nusantara selanjutnya akan segera memasuki etape kedua, yaitu dengan rute Jogjakarta – Madiun – Surabaya pada 29 – 31 Juli mendatang. 

Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan
Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan. Source: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya