Ini Dia Pemenang Honda Modif Contest 2024

Final battle Honda Modif Contest (HMC) 2024 diselenggaraan bersamaan dengan Honda Bikers Day 2024 di Dodiklatpur Kodam IV Diponegoro, Klaten, Jawa Tengah, Sabtu (26/10/2024).

oleh Rendy Yansah diperbarui 28 Okt 2024, 14:59 WIB
Diterbitkan 28 Okt 2024, 14:01 WIB
HMC 2024
Pemberian hadiah kepada para pemenang HMC 2024. (Liputan6.com/Rendy Yansah)

Liputan6.com, Jakarta - Sudah bergulir selama 10 tahun atau satu dekade, Honda secara konsisten kembali menggelar Honda Modif Contest (HMC) 2024, yang bersamaan dengan dihelatnya HBD 2024, di Dodiklatpur Kodam IV Diponegoro, Klaten, Jawa Tengah pada Sabtu (26/10/2024).

Sebagai modifikasi sepeda motor Honda terbesar di Indonesia, acara yang bertajuk #RIDECREAT10N itu diikuti sebanyak 1.145 karya modifikasi dari seluruh penjuru Tanah Air. Karya yang sudah berpartisipasi di HMC diseleksi oleh PT Astra Honda Motor (AHM).

Pihak kurator memilih 81 karya finalis yang diadu dalam ajang final battle HMC. Dalam final battle, salah satu jawara HMC 2024, Lutfia Fasichin keluar sebagai juara nasional dengan kategori Matic & Cub, memodifikasi sepeda motor Honda ADV 150.

Selanjutnya, Firdaus sukses menyabet gelar juara nasional dengan kategori Sport. Keberhasilannya diraih berkat karyanya yang memodifikasi CBR 250RR.

Honda
Honda GL Max kustom bergaya boardtracker menangkan kelas FFA HMC 2024. (Liputan6.com / Septian P)

Berikutnya, Vulla Hendrata berhasil mengantarkan dirinya sebagai juara nasional pada kategori FFA (Free for All), dengan mengubah Honda GL Max menjadi kanvas kreasinya.

Selain itu, masih banyak lagi para finalis yang mendapatkan gelar juara, yang tidak bisa disebutkan satu per satu. 

Para pemenang HMC ini mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan dan memiliki kesempatan menjadi Modifikator Honda Dream Ride Project yang didampingi langsung oleh mentor modifikator Honda Indonesia.

General Manager Marketing Planning and Analysis AHM, Andy Wijaya, mengatakan bahwa dalam mendukung kreativitas dan ekspresi para modifikator Tanah Air, Honda terus berkomitmen menggelar HMC yang sudah digelar secara konsisten, dengan harapan bisa menciptakan karya hebat yang menjadi identitas modifikasi Indonesia.

“Kebersamaan kami secara konsisten mendampingi dan mendukung karya modifikator Tanah Air merupakan sebuah kebanggaan tersendiri. Ajang modifikasi Honda Modif Contest diharapkan tidak hanya menjadi ajang adu kreasi yang inspiratif, tetapi juga dapat melahirkan karya yang menjadi identitas modifikasi Indonesia,” ujar Andy.

 

Kategori Lomba HMC 2024

HMC 2024
Sejumlah motor yang sudah dimodifikasi turut mejeng di HMC 2024. (Liputan6.com/Rendy Yansah)

Sebelum diselenggarakan final battle ini, HMC mengadakan seleksi secara bertahap yang dimulai dari seri regional, yang mana sudah digelar di 9 kota besar di seluruh Indonesia seperti Medan, Pekanbaru, Bandung, Surabaya, Denpasar, Banjarmasin, Samarinda, Manado, dan Makassar.

Beragam kreativitas turut menghiasi HMC di tingkat regional. Sepeda motor yang diikutsertakan memiliki keunikan dan ciri khas tiap daerah masing-masing, seperti teknik stickering yang mewarnai pelaksanaan HMC di Sumatera, style modifikasi Sunday Morning Ride (SUNMORI) yang mendominasi HMC di Pulau Jawa,

lalu di Pulau Dewata HMC Bali ramai dengan restorasi sepeda motor Honda, Kalimantan dengan konten Show Off, serta modifikasi Sport dan Klasik di Pulau Sulawesi.

Dalam gelaran HMC, Honda melombakan 9 kategori utama, yaitu All Sports, Matic & Cub Community Touring, Sport Community Touring, kategori Matic & Cub Stock/Bolt On, Matic & Cub, dan Advance Show Off untuk sepeda motor produksi di atas 2006.

Sementara sepeda motor Honda tahun produksi sebelum 2006, dibuka kelas All Stock & Advance.

Tak cuma itu, Honda membuka kelas baru untuk sepeda motor Honda seluruh tahun produksi, Racing Style, yang dikhususkan untuk modifikasi balap. Kelas baru ini akan mendampingi kelas bergengsi Free For All untuk semua kategori skutik, cub, dan sport Honda.

Selain 9 kategori utama untuk seluruh varian Honda, khusus tahun ini, terdapat pula kategori Special Achievement yang mengeksplorasi Matic Besar Honda, yaitu Honda PCX160 dan Honda ADV160.

Kedua kelas ini pun turut melombakan beberapa kategori, seperti Best Fashion, Best Fun Community Competition, dan Best Media Pick.

Kriteria penjurian dilihat berdasarkan tolok ukur sejumlah aspek, ide dan konsep yang diusung, fungsi, estetika, finishing, dan detail dari unit motor modifikasi. Selain itu, tak lupa juga yang menjadi unsur penting, melihat aspek keselamatan untuk digunakan di jalan raya.

Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan
Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan. Source: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya