PDIP Klaim Lampaui Target Kemenangan di Pilkada Serentak

Awalnya PDIP menargetkan kemenangan 156 dari 265 pilkada. Namun, memperoleh kemenangan di 160 daerah.

oleh Oscar Ferri diperbarui 10 Des 2015, 15:22 WIB
Diterbitkan 10 Des 2015, 15:22 WIB
Konferensi Pers PDIP Jelang HUT ke-42
Hasto menjelaskan peringatan HUT PDIP akan digelar secara sederhana karena Indonesia masih dilanda duka dengan bencana alam di Banjarnegara dan kecelakaan AirAsia, Jakarta, Jumat (9/1/2015). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Pelaksanaan pilkada serentak 2015 telah berjalan kemarin. Ada 264 provinsi, kabupaten, dan kota dari 269 daer‎ah yang menggelar pilkada secara serentak. Terkait itu, PDIP mengklaim, telah melampaui target kemenangan di ratusan daerah.

"Dengan mendapat dukungan rakyat, kita tak hanya capai target, tapi melampaui target," kata Sekretaris Jenderal DPP PDIP, Hasto Kristianto, dalam jumpa pers di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (10/12/2015).

‎Ketua DPP PDIP Bidang Hukum, Andreas Pareira mengatakan, awalnya PDIP menargetkan 156 kemenangan dari 265 pilkada yang diikuti oleh kader dan simpatisan PDIP. Namun, target itu justru terlampaui ketika Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) dan Badan Saksi Pemilu Nasional PDIP melakukan pemantauan pilkada secara serentak.

"Target kemenangan kita itu 156 daerah, tapi kita memperoleh kemenangan di 160 daerah," ujar Pareira.

Dia menambahkan, dari 160 kemenangan itu, sebanyak 86 daerah calonnya merupakan kader PDIP, sisanya merupakan simpatisan. Dari 86 daerah itu, 20‎ daerah diusung oleh PDIP sendiri tanpa koalisi.


Sementara 73 daerah dari 160 kemenangan itu, PDIP menjadi partai pengusung utama pasangan calon dalam koalisi atau gabungan partai. Di daerah-daerah lain yang selama ini dikuasai partai lain, kata Pareira, terjadi pergeseran, di mana PDIP berhasil 'merebut' dominasi dari partai lain itu.

"Misalnya daerah Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Utara‎, selama ini didominasi partai lain, tapi terjadi pergesaran," ucap dia.

Dia mencontohkan di Sulawesi Tenggara dari 7 pilkada, PDIP memenangkan 5 di antaranya. Kemudian di Sulawesi Selatan dari 11 pilkada yang diikuti, 6 daerah dimenangkan. Di Sulawesi tengah PDIP meraih kemenangan di 4 daerah dari 8 pilkada. Begitu juga 4 pilkada di Sulawesi Barat, ‎3 daerah dimenangkan partai banteng itu.

"Demikian halnya Sulawesi Utara, dari 6 pilkada, dimenangkan PDIP 4 daerah," ujar Pareira.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya