Penyebab Pasha Ungu dan Zumi Zola Menang Sementara di Pilkada

Cagub Zumi Zola bersama pasangannya Fachrori Umar, berhasil memperoleh 59,18 persen suara.

oleh Putu Merta Surya Putra diperbarui 10 Des 2015, 20:13 WIB
Diterbitkan 10 Des 2015, 20:13 WIB
20151210-Kondisi Belum Stabil, Pasha Ungu Batal Jemput Anak dan Istrinya
Vokalis Grup Band Ungu berjalan di sekitar Gedung RS Pondok Indah, Jakarta, (10/12). Pasha yang datang untuk menjemput Aliyan Akhtar Raja Sulaiman, putranya dengan Adelia batal karena kondisi Aliyan yang belum stabil. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa artis atau publik figur yang mengikuti perhelatan pilkada serentak pada Rabu 9 Desember kemarin, berhasil unggul dalam penghitungan cepat (quick count). 2 Nama yang menjadi sorotan yaitu Sigit Purnomo Said alias Pasha 'Ungu' dan Zumi Zola. Mereka sementara berhasil mengalahkan kandidat lain.

Peneliti Lingkar Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Ardiah Sopa mengatakan, ada beberapa faktor yang membuat para artis itu berhasil memperoleh suara yang tinggi.

"Pertama popularitas tinggi. Kedua, punya pemilih loyal, terutama pemilih perempuan," ujar Ardiah di Jakarta, Kamis (10/12/2015).

Ardiah mengingatkan, meskipun popularitas itu menjadi penting, hal tersebut bukanlah mutlak menjadikan artis menang. "Zumi Zola itu diperkuat dengan track record-nya menjadi Bupati di Tanjung Timur," tandas Ardiah.

Dia menjelaskan, Pasha 'Ungu' berhasil menang, lantaran menggandeng birokrat pengalaman di kota Palu.

"Sedangkan Pasha, karena dirinya bersama Hidayat (pasangan Pasha di Pilkada Palu) yang merupakan birokrat pengalaman," pungkas Ardiah.

Berdasarkan hasil hitung cepat yang dilakukan LSI-Denny JA, yang melalui pengamatan di beberapa TPS secara acak dengan sampling error kurang lebih 1 persen, di Provinsi Jambi, calon gubernur Zumi Zola bersama pasangannya Fachrori Umar berhasil memperoleh 59,18 persen suara, mengungguli pesaingnya, Hasran Basri Bagus-Edi Purwanto yang memperoleh 40,82 persen suara.

Sedangkan di Kota Palu, Hidayat bersama Sigit Purnomo atau Pasha, berhasil menduduki peringkat pertama, mengungguli 3 pesaingnya dengan memperoleh 37,83 persen suara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya