Wali Kota Surabaya Risma Diprediksi Jadi Pesaing Kuat Ahok

PDIP tak menepis kemungkinan peluang Risma dimajukan di Pilkada DKI Jakarta.

oleh Putu Merta Surya Putra diperbarui 01 Agu 2016, 17:07 WIB
Diterbitkan 01 Agu 2016, 17:07 WIB
20160731-Bawa Sapu Lidi, Jaklovers Dukung Risma Maju Pilgub DKI-Jakarta
Dua anak muda dari Jaklovers menunjukkan pin saat aksi simpatik mendukung Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini maju sebagai calon gubernur (cagub) pada Pilkada DKI 2017, di Bundaran Patung Kuda, Jakarta , Minggu (31/7). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Nama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini atau Risma santer dijagokan maju sebagai bakal calon gubernur pada Pilkada DKI Jakarta 2017 dari PDIP. Meski demikian, belum ada sikap resmi dari PDIP untuk mengusungnya.

Padahal, dari beberapa hasil survei dan dari Laboratorium Psikologi Politik Universitas Indonesia (LPP UI), menempatkan Risma di tiga besar paling dipilih, di bawah Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama atau Ahok.

Pengamat politik Burhanudin Muhtadi melihat potensi Risma menjadi rival yang kompetitif untuk Ahok. "Memang dari sisi potensi, Risma ini menjadi rival kompetitif (pesaing kuat) untuk Ahok," ucap Burhanudin di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jakarta, Senin (1/8/2016).

Dia menilai, ada beberapa faktor yang membuat PDIP hingga saat ini belum mengambil sikap mengenai Risma.

"Tentu ada faktor-faktor. Ini kan momentum saja. Apakah sama seperti Gerindra atau last minute. Selain itu, PDIP tentu mempertimbangkan, bagaimana dengan warga Surabaya nanti, kalau Risma diangkut? Terus Risma sendiri mau tidak?" jelas Burhanudin.

Di tempat yang sama, Kepala LPP UI Hamdi Muluk menilai, banyak faktor yang kompleks. Ahok dan PDIP masih sulit bersatu, baik faktor politis maupun nonteknis.

"Jadi kalau PDIP enggak mengusung Ahok. Kan pilihannya Ibu Risma," tegas Hamdi.

Senada, Ketua DPP PDIP Andreas Hugo Parreira juga melihat survei yang selama ini menempatkan Risma di tiga besar, menjadi bekal untuk penilaian partainya. Dia pun tak menepis peluang Risma maju ke Jakarta masih terbuka.

"Ini masih ada terbuka. Dengan survei ini kan menjadi dasar pertimbangan. Bahkan Ibu Risma ini seperti Ahok tapi banyak plusnya," tutur Andreas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya