Makna Pahlawan di Mata Anies Baswedan

Anies Baswedan menilai para pahlawan merupakan inspirasi buat dirinya dalam memajukan bangsa.

oleh Taufiqurrohman diperbarui 10 Nov 2016, 23:46 WIB
Diterbitkan 10 Nov 2016, 23:46 WIB

Liputan6.com, Jakarta Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menyampaikan, seluruh lapisan masyarakat Indonesia perlu mencontoh semangat para pahlawan dengan mengaplikasikannya di dalam sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Calon gubernur nomor urut 3 ini mengatakan, para pahlawan merupakan inspirasi buat dirinya.

"Semangat perjuangan para pahlawan yang ikhlas menghibahkan pikiran, tenaga, bahkan ada juga yang menghibahkan nyawanya untuk kemerdekan dan menunaikan janji kemerdekaan Republik Indonesia," kata Anies usai ziarah di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Kamis (10/11/2016).

Mantan Menteri Pendidikan ini pun mengajak masyarakat, agar bisa mencontoh semangat para pahlawan untuk membangun negeri ini tanpa penjajahan. "Saya rasa semangat kepahlawanan itu yang harus kita teruskan."

Pasangan Sandiaga Uno ini menambahkan, pahlawan nasional merupakan orang yang sudah berjasa besar untuk memajukan Negara Indonesia. Baik itu pahlawan yang ikut merintis kemerdekaan maupun yang melunasi janji kemerdekaan.

"(Mereka) Disebut pahlawan karena mereka mencintai bangsanya melebihi kepada dirinya. Dia hibahkan semuanya. Hari ini kita sama-sama ziarah, sama-sama ingin meneruskan apa yang mereka udah mulai, kita ingin perjuangan mereka bukan saja kita teruskan, tapi Insya Allah tercapai hasilnya," tandas Anies.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya