Tarik Pemilih Pemula di Pilkada, KPU DKI Gandeng Kaskus

KPU DKI khawatir pemilih pemula memilih golput.

oleh Nanda Perdana Putra diperbarui 22 Nov 2016, 16:39 WIB
Diterbitkan 22 Nov 2016, 16:39 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI menandatangani nota kesepahaman atau MoU dengan situs komunitas, Kaskus. Hal itu dilakukan untuk menggalakkan sosialisasi dan mengajak warga Jakarta agar menggunakan hak pilihnya, khususnya para pemilih pemula.

Ketua KPU DKI Sumarno mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi niat Kaskus membantu memeriahkan pesta demokrasi 5 tahunan itu. Terlebih, para pemilih muda sangat memerlukan arahan dan penarik minat, agar dapat terbuka untuk berpartisipasi.

"Tentu kami atas nama KPU menyambut gembira kesediaan Kaskus dalam rangka sosialisasi pilkada kita. Kita sebenarnya juga memberi perhatian kepada pemilih pemula, karena ini pengalaman pertama mereka untuk peduli masa depan Jakarta," tutur Sumarno saat sambutannya di Gedung KPU DKI, Jalan Salemba Raya, Paseban, Senen, Jakarta Pusat, Selasa (22/11/2016).

"Maka perlu sentuhan pemilih sesuai jiwa anak muda. Dan Kaskus merupakan situs yang banyak dikunjungi anak muda. Jadi saya pikir ini pilihan yang tepat," lanjut dia.

Menurut Sumarno, pemilih muda Jakarta merupakan pengguna hak suara yang rasional. Jika tidak memiliki arahan yang tepat, dikhawatirkan mereka memilih golput.

"Para pemilih di Jakarta itu pemilih rasional, termasuk pemilih pemula. Untuk itu semoga mereka dapat informasi yang memadai sehingga bisa menentukan pilihan yang tepat," jelas Sumarno.

Chief Marketing Officer Kaskus, Ronny W Sugiadha menambahkan, peluncuran microsite Kaskus merupakan upaya untuk salah satunya mempersantai Pilkada DKI yang kini kian memanas.

"Ini untuk mendukung pemilihan cagub-cawagub DKI. Kita ingin membuat susana lebih santai. Pengguna kita usia 18 sampai 25 tahun. Masih muda-muda. Jadi kita pikir yuk sama-sama kita voting yuk," beber Ronny.

Pembuatan situs khusus pilkada dari Kaskus itu juga dimaksudkan untuk menjawab minat dari para pengguna media sosial. Rasa ingin tau yang tinggi soal Pilkada DKI dan profil para pasangan calon nantinya dapat diperoleh dari forum tersebut.

"Target kita lebih ke konten aja sih. Forum berita di Kaskus itu berita dan orang Jakarta paling banyak penggunanya. Jadi karena kita tau mereka juga butuh konten, kenapa nggak sekalian aja di sini kita bahas. kita juga kerjasama dengan news portal yang lain," pungkas Ronny.

Di akhir penandatanganan Mou tersebut, pihak KPU DKI bertukar cinderamata dengan perwakilan dari Kaskus. Sumarno sendiri memberikan plakat simbol Pilkada DKI 2017 dan dua buah boneka. Sementara Ronny sebagai pihak Kaskus menyerahkan bingkai figura bertuliskan "Kerjasama Pertamax".

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya