Survei Lanskap, Prabowo Tokoh yang Paling Disukai di Jawa Timur untuk Pemilu 2024

Lembaga Survei dan Analisa Kebijakan Publik (Lanskap) merilis hasil penelitian yang dilakukan pihaknya, di mana salah satunya memotret tingkat pengenalan dan yang disukai terhadap tokoh-tokoh yang disebut akan maju di Pemilu 2024.

oleh Liputan6.com diperbarui 17 Apr 2023, 20:31 WIB
Diterbitkan 17 Apr 2023, 20:31 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat memberikan sambutan Entry Meeting Pemeriksaan BPK RI. (Foto: Dokumentasi Kemhan)

Liputan6.com, Jakarta Lembaga Survei dan Analisa Kebijakan Publik (Lanskap) merilis hasil penelitian yang dilakukan pihaknya, di mana salah satunya memotret tingkat pengenalan dan yang disukai terhadap tokoh-tokoh yang disebut akan maju di Pemilu 2024.

Hasilnya, nama Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendominasi di posisi tiga besar dalam survei Lanskap ini.

"Tingkat pengenalan publik terhadap tokoh-tokoh yang disebutkan di dalam pertanyaan survei baik di Jateng mapun di Jatim sudah melampaui 50%, dimana yang paling tinggi di Jateng ditempati Prabowo, Ganjar, Anies di tiga besar dan Prabowo, Khofifah dan Ganjar di peringkat tiga besar di Jatim," kata Direktur Eksekutif Lanskap, Mochammad Toha dalam keterangannya, Senin (17/4/2023).

Ketika mengenal sosok yang dipilih, Toha mempertanyakan apakah mereka suka dengan sosok-sosok tersebut. Hasilnya, ranking tertinggi masih ditempati oleh Prabowo Subianto, khususnya di Jawa Timur.

"Pada pertanyaan likeabilitas, mayoritas publik menyatakan biasa saja terhadap tokoh-tokoh yang disebutkan dalam survei di Jateng. Sementara di Jatim publik lebih umum menyatakan suka," jelasnya.

Untuk peringkatnya baik di Jateng maupun di Jatim dipuncaki oleh tokoh yang berbeda. Dijelaskan Toha, Ganjar Pranowo berada di urutan tertinggi di Jateng disusul oleh Prabowo dan Anies di tiga besar.

Sementara di Jatim, pemuncak untuk tingkat ketersukaan ditempati oleh Prabowo Subianto, Khofifah dan Ganjar. Sementara Anies tertahan diposisi ke enam di Jatim.

 


Prabowo Masih Unggul Elektabilitasnya

Lantas bagaimana dengan faktor elektabilitas, Toha menyebut Prabowo masih berada di urutan tiga besar di Jawa Tengah. Namun di Jawa Timur, masih di urutan pertama.

"Untuk elektabilitas Capres di Jateng dan Jatim menemukan hasil yang berbeda. Ganjar menempati posisi tertinggi di Jateng, disusul oleh Prabowo diposisi kedua dan Erick Thohir di posisi ketiga. Anies tercecer diposisi keenam di Jateng Ganjar hanya terpaut 4,4% saja dari Prabowo," paparnya.

"Sementara di Jatim Prabowo sebagai pemuncak berselisih 6,8% dari Ganjar dan Anies menempati posisi ketiga. Agaknya sekarang Provinsi Jatim merupakan basis elektoral utama Prabowo di samping Jabar dan Banten di Pulau Jawa," sambungnya.

Toha menyampaikan, bahwa beberapa analisa mengapa Prabowo Subianto masih berada di urutan tiga besar di Jawa Tengah, karena beberapa faktor, salah satunya adalah kegiatan safari menteri Pertahanan tersebut ke beberapa daerah bersama dengan Presiden Joko Widodo.

"Prabowo mampu muncul sebagai runner up mungkin adalah buah dari safarinya di Jateng bertemu para tokoh berpengaruh dan memiliki akar dan modal sosial yang kuat. Lagi-lagi disamping hubungannya yang sangat baik dengan Jokowi," tutur Toha.

Di samping itu, faktor kinerja Prabowo Subianto sebagai bagian dari Kabinet Indonesia Maju juga dipandang bisa semakin mengamplifikasi dukungan publik kepadanya.

"Kinerja sebagai Menhan dan kesediaannya bergabung dalam pemerintahan Jokowi demi persatuan bangsa diduga menjadi modal Prabowo meraih elektoral di Jateng," tambahnya.

Untuk diketahui, survei Lanskap tersebut dilakukan dalam rentang waktu 1-10 April 2023 dengan menggunakan sample 880 responden di untuk masing-masing wilayah, baik di Jawa Tengah maupun Jawa Timur.

Metodologi survei menggunakan multistage random sampling dengan margon of error (MoE) +/- 3,3% dan tingkat kepercayaan 95%.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya