Cak Imin dan Airlangga Berebut Jadi Cawapres, Gerindra: Pasangan Prabowo Masih Dinamis

Menurut Budi, hingga saat ini Gerindra masih komitmen berkoalisi dengan PKB. Dengan Golkar baru pada tahap penjajakan.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 16 Mei 2023, 16:10 WIB
Diterbitkan 16 Mei 2023, 13:51 WIB
Airlangga - Cak Imin Bertemu Bahas Koalisi Besar untuk Pemilu dan Pilpres 2024
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kiri) berjabat tangan dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin (kanan) sebelum pertemuan tertutup di Jakarta, Rabu (3/5/2023). Pertamuan itu membahas pembentukan Koalisi Besar serta berbagai isu aktual menjelang Pemilu dan Pilpres 2024. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara DPP Partai Gerindra Budi Satrio Djiwandono menegaskan kandidat calon wakil presiden (Cawapres) untuk Prabowo Subianto masih sangat dinamis.

Hal tersebut disampaikan Budi menanggapi keinginan dari Golkar dan PKB untuk mengusung para ketua umumnya menjadi pendamping Prabowo.

"Ini tentu pembahasan pasangan ini masih dinamis," kata Budi di Kompleks Parlemen Senayan, Selasa (16/5/2023).

Terkait manuver Muhaimin Iskandar yang gencar bersilahturahmi ke para mantan wakil presiden, menurutnya hal itu sangat wajar. Menurut Budi, hingga saat ini Gerindra masih komitmen berkoalisi dengan PKB.

"Yang pasti masalah capres cawapres sesuai perjanjian dengan teman-teman PKB itu ditentukan Pak Prabowo dengan Cak Imin," ujar Budi.

Sebelumnya, Cak Imin mengaku  mendapat dukungan dari Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin untuk mencalonkan diri sebagai wakil presiden pada Pilpres 2024.

"Oh iya pasti, mendukung (jadi wapres). Beliau bilang, 'Memang sudah waktunya, waktunya kamu sekarang,'” kata Muhaimin usai pertemuan di rumah dinas Wapres, Senin (15/5/2023).

Ma’ruf disebut juga telah memberikan lampu hijau terhadap langkah-langkah yang kini diambil PKB. Termasuk soal berkoalisi dengan Gerindra dan mendukung pencapresan Prabowo Subianto.

"Ya pokoknya beliau mendukung semua langkah-langkah kita per hari ini. Dan selanjutnya nanti konsultasi lagi," kata Muhaimin.


Tawarkan Airlangga Sebagai Cawapres Prabowo

Airlangga Hartarto Sambangi Kediaman Prabowo Subianto
Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto menerima kunjungan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto di kediamannya, Kertanegara, Jakarta Selatan. (Foto: Istimewa)

Sementara itu, Kepala Bappilu Partai Golkar, Nusron Wahid menyatakan Golkar dan PKB tengah menggodok pembentukan koalisi besar. Bahkan, Nusron menyebut Golkar akan mendukung Prabowo Subianto sebagai capres di 2024 dan Airlangga Hartarto sebagai cawapresnya. 

“Salah satu proposal adalah Prabowo presiden, dan wakil presidennya dari KIB yaitu Airlangga Hartarto,” ujar Nusron di Kawasan Senayan, Rabu (10/5/2023).

Terkait cawapres Prabowo, Nusron mengklaim pihaknya tidak berebut posisi cawapres dengan PKB. Menurutnya keputusan ada di Prabowo.

"Gerindra posisinya sudah settle dengan Prabowo. (Golkar dan PKB) Tidak memperebutkan, kami membicarakan dan saling menawarkan dan usernya adalah Pak Prabowo siapa yang mau menerima siapa,” katanya.

Meski demikian, saat ini pihaknya masih fokus pembentukan koalisi besar daripada penentuan paslon.

"Semangat kerjanya adalah niat untuk menang dan cara kerja untuk menang, dan kalau sudah ketemu semangat kerjanya, dan figur itu nomor sekian. Presentase sudah 70 persen,” kata Nusron Wahid. 

Infografis Meracik Proposal & Formulasi Duet Prabowo-Airlangga
Infografis Meracik Proposal & Formulasi Duet Prabowo-Airlangga (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya