Polemik Ganjar di Tayangan Azan, KPU Singgung Soal Kondusifitas Jelang Pemilu 2024

Komisioner KPU Idham Holik menyinggung soal komitmen menjaga kondusifitas menjelang Pemilu 2024, terkait munculnya tayangan azan di stasiun televisi yang menampilkan bakal capres Ganjar Pranowo.

oleh Liputan6.com diperbarui 11 Sep 2023, 12:58 WIB
Diterbitkan 11 Sep 2023, 12:58 WIB
Ekspresi Ganjar Pranowo Usai Pertemuan di DPP PDIP
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan keterangan usai dipanggil di DPP PDIP, Jakarta, Senin (24/10/2022). Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menegaskan bahwa dirinya akan taat terhadap aturan Partai PDI Perjuangan (PDIP) soal Capres 2024. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Komisi Pemilihan Umum (KPU) angkat suara terkait polemik bacapres PDIP Ganjar Pranowo di tayangan azan disalah satu stasiun televisi swasta. Komisioner KPU RI, Idham Holik menyinggung soal komitmen menjaga kondusifitas menjelang Pemilu 2024. 

"Kami meyakini bahwa segenap pihak dapat jaga situasi sosial politik yang kondusif. Kami meyakini itu, kami meyakini segenap pihak stakeholder pemilu memiliki komitmen untuk tetap menjaga situasi sosial politik pemilu yang kondusif," kata Idham, kepada wartawan, Senin (11/9/2023). 

Lebih lanjut, dia pun mengatakan saat ini belum memasuki tahapan pendaftaran capres dan cawapres. Idham juga mengingatkan bahwa belum memasuki masa kampanye. 

Diketahui, masa kampanye akan berlangsung per 28 November 2023 selama 75 hari hingga 10 Februari 2024. 

"Saat ini belum ada pendaftaran bacapres dan bacawapres di KPU. Dan saat ini juga belum emamsuki masa kampanye pemilu serentak 2024 yang di mana masa kampanye baru akan dimulai pada 28 November 2023 berlangsung selama 75 hari ke depan berakhir pada 10 Febuari 2024," tegas dia. 

Idham menyampaikan, perihal tayangan azan yang menayangkan Ganjar apakah mengandung unsur politik identitas, dia menyerahkan sepenuhnya kewenangan untuk menilai hal itu kepada Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). 

"Itu semua merupakan kewenangan dari Komisi Penyiaran Indonesia, yang dimana KPI sepengetahuan kami pernah menerbitkan tentang etika produksi siaran. Jadi itu semua merupakan kewenangan dari KPI," imbuh dia. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


KPI Panggil Stasiun TV Terkait

Sekjen DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto bersama Ganjar Pranowo.
Sekjen DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto melontarkan sebuah pantun saat berpidato di acara konsolidasi DPD PDIP DKI Jakarta bersama Ganjar Pranowo, di Hall Basket Senayan, Jakarta, Minggu (4/6/2023). (Foto: Dokumentasi PDIP).

Sementara itu, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) bakal memanggil stasiun TV yang menayangkan Bakal Calon Presiden (Capres) RI Ganjar Pranowo sebagai pemeran dalam video azan.

"Kami tengah lakukan kajian terhadap hal tersebut dan kami minta segera klarifikasi Lembaga Penyiaran yang menayangkan," kata Komisioner bidang Pengawasan Isi Siaran KPI Aliyah dalam keteranganya, Minggu, (10/9/2023).

Aliyah meminta kepada semua pihak bersabar atas ramainya perbincangan Ganjar yang masuk dalam siaran Azan. Dengan menunggu hasil proses klarifikasi terkait hal tersebut.

"Kami juga sudah mengirimkan surat kepada lembaga penyiaran tersebut, tinggal nunggu respon kesediaan waktu dari pihak lembaga penyiaran. Jadi sabar dulu ya," tuturnya.

 

Reporter: Alma Fikhasari 

Sumber: Merdeka.com

Infografis Menerka Kandidat Cawapres Pendamping Ganjar Pranowo. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Menerka Kandidat Cawapres Pendamping Ganjar Pranowo. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya