Bahlil Ikut Pertemuan Bareng Prabowo, AHY dan Zulhas, Masuk Tim Pemenangan?

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia terpantau datang ke rumah dinas Mendag Zulhas saat ada pertemuan dengan Prabowo Subianto dan AHY.

oleh Ady Anugrahadi diperbarui 21 Okt 2023, 01:01 WIB
Diterbitkan 21 Okt 2023, 01:01 WIB
Prabowo, AHY, hingga Bahlil Merapat ke Rumdin Zulhas Jumat Malam
Ketum Gerindra sekaligus Bacapres KIM Prabowo Subianto, Ketum Gerindra Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) hingga Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia ikut merapat ke rumah dinas (Rumdin) Mendag Zulkifli Hasan (Zulhas), Jumat (20/10/2023) malam. Pertemuan berlangsung di tengah teka-teki penentuan cawapres Prabowo. (Merdeka.com)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia terpantau hadir di Rumah Dinas (Rumdin) Menteri Perdagangan (Mendag) sekaligus Ketua Umum (Ketum) PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) di Jalan Widya Chandra IV, Jakarta Selatan, Jumat (20/10/2023) malam.

Dia hadir di tengah pertemuan tiga ketum partai Koalisi Indonesia Maju (KIM). Bahlil tak menjawab gamblang terkait dengan maksud kedatangannya. Begitupun, perihal kabar namanya masuk ke dalam tim pemenangan bakal capres KIM, Prabowo Subianto.

"Enggak, enggak, enggak. Aku jalan ya," kata Bahlil kepada wartawan, Jumat, malam.

Terpisah, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) mengatakan, kedatangan Bahlil Lahadalia tak ada sangkut-pautnya dengan tim pemenangan Prabowo.

"Pak Bahlil anu di Riyadh ada forum investasi Pak Bahlil enggak hadir, ya saya yang mewakili," ujar Zulhas.

Zulhas tak menjelaskan detail pembicaraan dengan Bahlil. Dia mengaku hanya bertemu saja yang kebetulan bersamaan dengan kedatangan Prabowo Subianto dan Ketum Partai Demokrat Agus  Harimurti Yudhoyono (AHY)

"Hanya ketemuan. Karena saya baru pulang. Nggak nggak (soal TPN)," tandas dia.

Pertemuan 3 Ketum Partai di Rumdin Mendag

Sebelumnya diberitakan, Bacapres KIM Prabowo Subianto bersama sejumlah petinggi partai koalisi bertandang ke Rumdin Mendag sekaligus Ketum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) di Jalan Widya Chandra IV, Jakarta Selatan, Jumat (20/10/2023) malam.

Pertemuan para elite KIM tersebut berlangsung di tengah isu teka-teki penentuan Bakal Calon Wakil Presiden (Bacawapres) pendamping Prabowo.

Dilaporkan, Prabowo tiba sekitar pukul 19.55 WIB menggunakan mobil Toyota Alphard dengan pelat nomor (nopol) B 108 PSD. Berikutnya, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pada pukul 20.42 WIB. Kedatangan AHY disambut Sekretaris Jenderal DPP PAN Eddy Soeparno.

Selanjutnya giliran Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia tiba di Rumdin Zulhas pada pukul 21.04 WIB. Tak lama berselang, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani juga merapat. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Nama Bacawapres Sudah di Kantong Prabowo

Zulhas Sebut Cawapres KIM Sudah Ada di Kantong Prabowo
Ketum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) memberikan keterangan usai pertemuan dengan Prabowo Subianto dan Agus Harimurti Yudhoyono di rumah dinas Mendag. Dia menyebut, Prabowo sudah mengantongi satu nama cawapres pendampingnya. (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Tiga Ketum Partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) menggelar pertemuan secara tertutup di Rumah Dinas (Rumdin) Menteri Perdagangan (Mendag) sekaligus Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) di Jalan Widya Chandra IV, Jakarta Selatan, Jumat (20/10/2023) malam.

Hadir didalam pertemuan, Bakal Calon Presiden (Bacapres) dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) hingga Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.

Terkait hal ini, Zulhas mengatakan, pertemuan di rumah dinasnya membahas banyak hal, termasuk soal bakal calon wakil presiden (Cawapres) pendamping Prabowo di Pilpres 2024.

Zulhas menyebut, masing-masing partai telah mengusulkan tiga nama. Dari nama-nama itu sebetulnya sudah mengerecut ke satu nama.

"Ada satu yang disepakati semua. Ada yang lain di sini diterima, di sini tidak diterima. Jadi memang ada nama yang sudah disepakati," ujar dia.

 


Pembahasan Dilanjut Sabtu Sore

Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)
Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) usai menghadiri pertemuan ketum parpol KIM bersama Prabowo Subianto di rumah dinas Mendag Zulkifli Hasan. (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Namun, Zulhas belum berkenan membocorkan lebih detail ke hadapan media. Dia hanya menyebut, Prabowo Subianto telah mengantongi satu nama yang bakal menjadi pendampingnya di Pilpers 2024.

"Jadi sebetulnya yang disepakati kalau partai-partai kan sudah ada namanya di kantong Pak Prabowo," ujar dia.

Lebih lanjut, Zulhas menjelaskan, partai peserta KIM berencana membahas lebih lanjut cawapres Prabowo pada Sabtu (21/10/2023) esok hari. Sebab, kesepakatan cawapres Prabowo akan ditentukan melalui musyawarah.

"Tentu perkembangan politik kan cepat, jadi itu yang kita diskusikan tadi, karena sudah berapa hari nggak ketemu, akan dilanjutkan nanti besok lagi sore," ujar dia.

Sementara itu, AHY enggan berkomentar terkait pertemuan dengan Prabowo dan Zulhas. Dia hanya meminta awak media untuk menunggu. "Besok ya, terimakasih," ujar dia.   


Jokowi Izinkan Prabowo Nyapres

Jokowi, Prabowo dan Erick Thohir
Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Timur, Senin, (24/7/2023). Dalam kunjungan ini, Jokowi didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyetujui surat permohonan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang meminta persetujuan untuk maju sebagai calon presiden (capres) di pilpres 2024.

Jokowi juga mengizinkan Prabowo Subianto cuti sebagai menteri untuk mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Terhadap dua permohonan dari Menhan terkait persetujuan dari Presiden dicalonkan sebagai capres dan izin cuti untuk mendaftar di KPU, Presiden melalui surat Mensesneg tertanggal 20 Oktober 2023 telah menyetujuinya," kata Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana kepada wartawan, Jumat, (20/10/2023).

Ari mengatakan Prabowo belum menyebutkan tanggal izin cuti untuk mendaftar ke KPU. Namun, Jokowi telah memberikan izin apabila sewaktu-waktu Prabowo ingin cuti untuk mendaftarkan diri sebagai capres.

"Untuk izin cuti memang tidak secara spesifik disebutkan tanggalnya. Namun prinsipnya izin cuti telah disetujui dan khusus disebutkan. Izin cuti yang diberikan adalah untuk memdaftarkan diri ke KPU, seperti yang disebutkan dalam surat permohonannya," kata Ari. 

  

Infografis Teka-Teki Cawapres Pendamping Prabowo
Infografis Teka-Teki Cawapres Pendamping Prabowo (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya