3 Tanda Partai Golkar Dikabarkan Dukung Gibran Rakabuming Raka Jadi Bakal Cawapres Dampingi Prabowo

Partai Golkar belakangan ini memberikan kode jika akan memilih anak muda sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) mendampingi bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto.

oleh Devira Prastiwi diperbarui 21 Okt 2023, 11:26 WIB
Diterbitkan 21 Okt 2023, 11:21 WIB
Airlangga
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu dengan Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka di Loji Gandrung, Solo, Sabtu (14/8/2021). (Ist)

Liputan6.com, Jakarta - Partai Golkar belakangan ini memberikan kode jika akan memilih anak muda sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) mendampingi bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto.

Anak muda itu dikabarkan adalah putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang juga merupakan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Namun mengingat Gibran merupakan kader PDIP, maka ia juga dikabarkan akan pindah menjadi kader Partai Golkar, benarkah?

Airlangga Hartarto pun enggan menanggapi namun melempar statement yang mencuri perhatian publik.

"Memang kalau orang muda itu cocok pakai baju kuning," ujar Airlangga di Jakarta, Rabu 18 Oktober 2023.

Kemudian, Airlangga pun mengakui telah bertemu dengan Gibran Rakabuming Raka. Pertemuan ini berkaitan dengan peluang Gibran bergabung dengan Partai Golkar. Meski begitu Airlangga masih enggan membocorkan hasil pertemuan tersebut.

"Komunikasi sudah ada, mengenai kegiatan apa lanjutannya ditunggu saja," ujar Airlangga ditemui di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta, Jumat 20 Oktober 2023.

Meski begitu, Airlangga mengisyaratkan Golkar mendukung sosok calon wakil presiden (cawapres) yang berumur di bawah 40 tahun untuk Prabowo Subianto. Dukungan Golkar tersebut, kata Airlangga, akan diumumkan pada rapat pimpinan nasional (rapimnas) pada hari ini, Sabtu (21/10/2023).

Airlangga memang tidak menyebut siapa sosok berumur di bawah 40 tahun tersebut. Tetapi tokoh berumur di bawah 40 tahun, yang tengah mencuat, adalah Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Untuk capres sendiri, Golkar telah memberikan dukungannya untuk Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

"Jadi Rapimnas besok itu membahas capres cawapres yang didukung Golkar," kata Airlangga.

Berikut sederet 'tanda' yang diberikan Partai Golkar dikabarkan akan mengusung bakal cawapres Gibran Rakabuming Raka mendampingi bakal capres Prabowo Subianto dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Sebut Orang Muda Cocok Berbaju Kuning

Gibran-Prakosa Dapat Rekomendasi dari Golkar Maju di Pilkada Solo 2020
Gibran Rakabuming Raka bersama pasangannya mendapatkan rekomendasi dukungan dari Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Maju di Pilkada Solo 2020 (Foto: Istimewa).

Ketua Umum Partai Golkar sekaligus Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto sempat merespons wartawan soal peluang putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang juga merupakan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka merapat ke Golkar.

Airlangga Hartarto enggan menanggapi namun melempar statement yang mencuri perhatian publik.

"Memang kalau orang muda itu cocok pakai baju kuning," ujar Airlangga di Jakarta, Rabu 18 Oktober 2023.

 


2. Golkar Akui Sudah Komunikasi dengan Gibran

Prabowo Subianto Hadiri Syukuran HUT ke-59 Partai Golkar
Kedatangan Prabowo Subianto disambut langsung Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Airlangga Hartarto mengakui telah bertemu Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Pertemuan ini berkaitan dengan peluang Gibran bergabung dengan Partai Golkar. Meski begitu Airlangga masih enggan membocorkan hasil pertemuan tersebut.

"Komunikasi sudah ada, mengenai kegiatan apa lanjutannya ditunggu saja," ujar Airlangga ditemui di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta, Jumat 20 Oktober 2023.

Sebelumnya, berembus kabar Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka segera bergabung ke Partai Golkar demi memuluskan langkah menjadi bakal calon Wakil Presiden Prabowo Subianto. Putra sulung Presiden Joko Widodo itu mengaku kaget dengan kabar tersebut.

 


3. Sebut Cawapres Under 40

Gaya leadership Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto yang tenang dan sustainable patut diacungkan jempol, di antaranya adalah kedekatan Airlangga dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang baru-baru ini diundang ke DPP Partai Golkar.
Gaya leadership Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto yang tenang dan sustainable patut diacungkan jempol, di antaranya adalah kedekatan Airlangga dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang baru-baru ini diundang hadir ke DPP Partai Golkar. (Ist)

Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto memberikan sinyal soal arah dukungan partai. Dia mengisyaratkan Golkar mendukung sosok calon wakil presiden yang berumur di bawah 40 tahun untuk Prabowo Subianto. Dukungan Golkar akan diumumkan pada rapat pimpinan nasional (rapimnas) besok, Sabtu 21 Oktober 2023.

Airlangga memang tidak menyebut siapa sosok berumur di bawah 40 tahun tersebut. Tetapi tokoh berumur di bawah 40 tahun, yang tengah mencuat, adalah Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Untuk capres sendiri, Golkar telah memberikan dukungannya untuk Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

"Jadi Rapimnas besok itu membahas capres cawapres yang didukung Golkar," kata Airlangga di kantor DPP Golkar.

"Pertama kita bicara mengenai prestasi, jadi kita menghargai under fourty yang berprestasi," sambung Menko Perekonomian RI ini.

Sosok berprestasi itu, dilanjutkan Airlangga, adalah tokoh yang dipilih melalui pemilihan umum.

"Dan kemudian tentunya mereka yang berprestasi itu adalah publicly elected official, jadi rakyat yang menentukan," ujar dia.

Hanya saja Airlangga belum mengungkap apakah sosok under fourty yang dimaksud adalah Gibran Rakabuming Raka. Ia tidak juga menjawab apakah putra sulung Presiden Joko Widodo itu akan menjadi kader partai berlambang beringin.

"Ya kita lihat rapimnas besok," jelas Airlangga.

Infografis Golkar di Tangan Airlangga Hartarto
Infografis Golkar di Tangan Airlangga Hartarto (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya