Grace Natalie Jelaskan Alasan Dirinya Hampiri Moderator Saat Debat Capres

Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie dan kadernya Isyana Bagoes Oka terlihat menghampiri moderator di sela-sela berlangsungnya debat capres, Minggu malam. Apa yang mereka bahas?

oleh Tim News diperbarui 08 Jan 2024, 06:45 WIB
Diterbitkan 08 Jan 2024, 06:45 WIB
Grace Natalie
Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie saat melakukan wawancara khusus dengan Liputan6.com di DPP PSI, Jakarta, Kamis (17/11/2022). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang memperlihatkan Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie menghampiri meja moderator saat debat ketiga Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 pada Minggu, 7 Januari 2023 malam viral di media sosial.

Grace terlihat ditemani politikus PSI Isyana Bagoes Oka. Momen tersebut terjadi setelah pendukung capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo berulang kali mengangkat salam 3 jari selama 15 detik ketika dua capres lainnya yakni Prabowo Subianto dan Anies Baswedan berbicara.

Grace dan Isyana merupakan politikus PSI yang mengusung pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024. Keduanya terpantau berbicara serius dengan dua moderator saat debat capres.

Di situ, Isyana terlihat memprotes sesuatu ke moderator, seperti menunjukkan gambar yang ada di telepon genggamnya.

Terkait hal ini, Grace menjelaskan, bahwa ia mempertanyakan aksi pendukung paslon yang berada di belakang moderator mengacung-acungkan tangan hingga menganggu konsentrasi para capres.

"Kami mempertanyakan apa boleh pendukung yang duduk di belakang moderator, setiap paslon menjawab, mengacungkan tangan mereka tinggi-tinggi," katanya saat dikonfirmasi wartawan, Minggu (7/1/2023).

"Khawatir gerakan-gerakan ini mengganggu konsentrasi semua paslon, karena pasti tertangkap mata paslon. Itu ada dalam sudut pandang mata paslon, persis di belakang moderator," ucap Grace.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Aksi Pendukung Ganjar Direkam Sebagai Bukti

Potret Ketiga Capres Saling Menanggapi Argumen pada Debat Ketiga Pemilu 2024
Debat berlangsung di Istora Gelora Bung Karno Jakarta. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Grace mengatakan, tiap capres punya waktu dua menit untuk memberi pernyataannya. Karena itu, mereka mesti fokus berpikir dan tidak boleh terganggu.

Dia mengatakan, Isyana merekam semua aksi pendukung yang mengacungkan tangan itu dan memperlihatkannya ke moderator.

"Waktu jawab cuma 2 menit, harus fokus dan berpikir. Isyana merekam semua gestur itu sebagai bukti dan menunjukkannya kepada moderator," pungkasnya.

Sebagai informasi, debat ketiga Pilpres 2024 ini diselenggarakan di Istora Senayan pada Minggu (7/1/2024) pukul 19.00 WIB. Tema debat capres kali ini adalah Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, Globalisasi, Geopolitik dan Politik Luar Negeri.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com

Infografis Jadwal, Tema, Format Debat Capres-Cawapres 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Jadwal, Tema, Format Debat Capres-Cawapres 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya