Dapat Rekomendasi Maju Pilgub Jatim, Khofifah Kenang Sosok Ani Yudhoyono dan Perjuangan SBY

Partai Demokrat resmi memberikan rekomendasi kepada Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak untuk maju di Pilgub Jawa Timur 2024. Penyerahan surat rekomendasi dilakukan di kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Rabu (10/7/2024).

oleh Aries Setiawan diperbarui 11 Jul 2024, 09:25 WIB
Diterbitkan 11 Jul 2024, 09:25 WIB
Demokrat
Partai Demokrat resmi memberikan surat rekomendasi pada Pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak untuk maju Pilkada Jatim 2024. (Liputan6.com/Delvira Hutabarat).

Liputan6.com, Jakarta Partai Demokrat resmi memberikan rekomendasi kepada Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak untuk maju di Pilgub Jawa Timur 2024. Penyerahan surat rekomendasi dilakukan di kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Rabu (10/7/2024).

Usai diberikan surat rekomendasi oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Khofifah pun mengingat kembali soal dukungan kepadanya yang diberikan oleh pendiri sekaligus tokoh Partai Demokrat yakni Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Khofifah menyebut, SBY bersama dengan sang istri yakni almarhumah Ani Yudhoyono pernah memberikan dukungan yang besar saat dirinya maju di Pilkada Jawa Timur tahun 2018 lalu.

"Dari lima tahun yang lalu, kami mendapatkan dukungan penuh dari Partai Demokrat. Tidak sekadar surat rekomendasi, tapi tim dari DPP, bahkan Pak SBY dan almarhumah Ibu Ani Yudhoyono, turun dalam waktu yang cukup lama di banyak gelanggang," kata Khofifah usai diberikan surat rekomendasi.

"Dan semua mengantarkan proses pencapaian, kami akhirnya memenangkan pilgub di tahun 2018," sambung Khofifah Indar Parawansa.

Menurut Khofifah, atas proses dan perjuangan tersebut, maka saat itu masyarakat Jawa Timur akhirnya memberikan amanat dan kepercayaan kepada dirinya bersama Emil Elistianto Dardak untuk memimpin Jawa Timur.

"Sejarah yang bagi kami sangat bermakna bagaimana kepemimpinan Jatim. Akhirnya masyarakat Jatim memberikan kepercayaan kepada kami, saya dan Mas Emil Dardak," ujar Khofifah.

Sementara itu, untuk Pilgub Jatim 2024, Ketua Umum Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) tersebut menyatakan, kalau dirinya akan memaksimalkan apa yang sudah diamanatkan oleh beberapa partai, termasuk Demokrat.

Khofifah bahkan meyakinkan akan memberikan kemenangan kembali sebagai gubernur di Pilkada November mendatang.

"Pimpinan strategis Partai Demokrat juga akan membawa proses perjalanan kami, untuk mencapai kemenangan pada proses pilgub 27 November yang akan datang," ucap Khofifah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


AHY Serahkan Surat Rekomendasi Dukungan

AHY bersama Khofifah saat penyerahan dukungan Pilgub Jatim 2024. (Dian Kurniawan/Liputan6.com)
AHY bersama Khofifah saat penyerahan dukungan Pilgub Jatim 2024. (Dian Kurniawan/Liputan6.com)

Sebelumnya, Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) secara resmi memberikan surat rekomendasi kepada Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elistianto Dardak untuk maju di Pilkada Jawa Timur 2024.

Penyerahan surat rekomendasi itu diberikan oleh AHY untuk keduanya maju kembali berpasangan di Pilkada Jawa Timur.

"Bersama saya telah hadir cagub Provinsi Jatim Ibu Khofifah Indar Parawansa dan juga kepada cawagub Provinsi Jatim Mas Emil Elistianto Dardak. Kami memberikan dukungan penuh sekaligus surat rekomendasi kepada Ibu Khofifah cagub dan Mas Emil cawagub Provinsi Jatim periode 2024-2029," kata AHY saat memberikan serta rekomendasi, di kantor DPP Partai Demokrat, Rabu (10/7/2024).

AHY menjelaskan, kedua sosok itu saat ini sudah memiliki rekam jejak yang sudah teruji untuk Jawa Timur. Sebab, kedua pasangan itu sudah pernah menjabat di provinsi yang sama atau dalam artian sebagai pasangan petahana.


AHY: Khofifah-Emil Pasangan yang Sangat Ideal

Emil Dardak menyerahkan rekomendasi dukungan Demokrat untuk Khofifah maju Pilgub Jatim 2024. (Istimewa)
Emil Dardak menyerahkan rekomendasi dukungan Demokrat untuk Khofifah maju Pilgub Jatim 2024. (Istimewa)

Untuk sosok Khofifah sendiri, menurut AHY, merupakan sosok politikus perempuan yang komplet dan banyak memiliki jam terbang.

"Bisa dikatakan politisi perempuan paling lengkap di Indonesia karena pernah masuk di semua lini, baik di parlemen maupun pemerintahan," kata AHY.

Tak hanya itu, selama menjabat sebagai gubernur Jawa Timur, Khofifah juga kata AHY, telah memberikan beberapa perkembangan. Khofifah dinilai sudah berhasil menurunkan angka kemiskinan dan kesenjangan sosial masyarakat.

"Beliau selama 5 tahun terakhir menjadi gubernur Jatim sudah berbagai torehan prestasi kesuksesan, baik menurunkan angka kemiskinan, kesenjangan. Tentunya ini menjadi alasan mengapa masyarakat Jatim masih sangat mencintai dan mendukung Ibu Khofifah 5 tahun ke depan," kata AHY.

Sementara untuk sosok Emil Dardak, menurut Menteri ATR/BPN itu, yang bersangkutan merupakan sosok muda sekaligus politikus terbaik yang dimiliki Demokrat.

Emil juga kata AHY, memiliki inovasi yang dibutuhkan generasi muda Jawa Timur untuk bisa berkembang.

"Mas Emil Dardak ini seorang politisi muda. Berangkat dari Bupati Trenggalek dan kemudian sukses mendampingi Ibu Khofifah sebagai wagub 5 tahun terakhir ini yang telah mengisi ruang-ruang pembangunan di Jawa Timur," ucap AHY.

Atas hal itu, AHY menilai kalau pasangan Khofifah-Emil masih dibutuhkan untuk melanjutkan pembangunan di Jawa Timur.

Partai Demokrat, kata AHY, juga akan senantiasa memberikan dukungan untuk pemerintahan Khofifah-Emil Dardak jika nantinya kembali terpilih.

"Oleh karena itu, pasangan ini pasangan sangat ideal dengan pengalamannya Bu Khofifah, diperkuat oleh energi dan kreativitas Mas Emil Dardak," imbuh AHY.

 

Reporter: Alma Fikhasari

Sumber: Merdeka.com

Infografis Jokowi dan Keluarga Dilaporkan Kolusi-Nepotisme ke KPK. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jokowi dan Keluarga Dilaporkan Kolusi-Nepotisme ke KPK. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya