Kaesang Dukung Ahmad Luthfi Jadi Cagub: Punya Kemampuan Majukan Jateng

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep berbicara soal dukungannya terhadap Irjen Ahmad Luthfi sebagai bakal calon gubernur (cagub) Jawa Tengah (Jateng) 2024.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 29 Jul 2024, 19:00 WIB
Diterbitkan 29 Jul 2024, 19:00 WIB
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep saat ditemui di kediaman Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara IV Jakarta Selatan, Rabu (20/3/2024). (Liputan6.com/Lizsa Egeham)
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep saat ditemui di kediaman Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara IV Jakarta Selatan, Rabu (20/3/2024). (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep berbicara soal dukungannya terhadap Irjen Ahmad Luthfi sebagai bakal calon gubernur (cagub) Jawa Tengah (Jateng) 2024.

Dia meyakini Kapolda Jawa Tengah itu memiliki kemampuan untuk memajukan Jateng.

"Ini tuh bukan masalah merelakan atau tidak. Ini kan untuk kemajuan Jawa Tengah ke depannya dan saya rasa Pak Luthfi punya kemampuan itu," kata Kaesang di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (29/7/2024).

Putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi menuturkan dukungan tersebut bukan berarti dirinya merelakan kesempatan untuk ikut berkontestasi di Pilkada Jawa Tengah.

Kaesang ingin provinsi tempat kelahirannya dipimpin oleh orang sosok potensial.

"Jadi jangan terlalu rendah sekali, melihat rela atau tidak. Kita harus melawan atau, enggak usah. Yang pasti Jawa Tengah ini sebagai tempat kelahiran saya, provinsi tempat saya lahir, bisa maju ke depannya," tuturnya.

Sebelumnya, Teka-teki arah dukungan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) untuk mendukung salah satu bakal calon gubernur di Pilkada Jawa Tengah mulai terlihat.

Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep menyatakan dukungannya kepada Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi sebagai bakal calon Gubernur Jawa Tengah.

Dukungan Kaesang kepada Ahmad Luthfi itu disampaikan di depan relawan pendukung Jokowi, Alap-Alap Jokowi yang sedang menggelar Musyawarah Nasional (Munas) I di De Tjolomadoe, Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah pada Sabtu (27/7/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Depan Relawan

Saat itu putra bungsu Presiden Jokowi itu menyapa Luthfi yang hadir dalam kegiatan munas itu.

"Di sini juga hadir bapak kapolda tersayang kita Jawa Tengah, Bapak Ahmad Luthfi. Kebetulan kami Partai Solidaritas Indonesia punya dua kursi di Jawa Tengah. Mohon izin bapak, kami serahkan ke bapak," ucap Kaesang yang langsung disambut tepuk tangan para relawan Alap-Alap Jokowi yang hadir di ballroom De Tjolomadoe.

Setelah menyampaikan pernyataan dukungannya itu, Ketua Umum PSI itu menyerahkan semua keputusan kepada Kapolda Jawa Tengah yang ikut terkena mutasi di jajaran Polri. "Tapi kan balik lagi keputusan ada di beliau," kata dia yang telah secara gamblang memberikan dukungan kepada mantan Kapolresta Solo itu.

 


Punya Jam Terbang

Kaesang membeberkan alasan partai politik yang dipimpinnya memberikan dukungan kepada Luthfi untuk maju menjadi bakal calon gubernur di Pilkada Jawa Tengah lantaran telah lama memiliki jam terbang yang tinggi untuk mengurusi Jawa Tengah.

"Kalau kami sebagai partai politik pasti menginginkan orang yang terbaik, orang yang mumpuni, orang yang mempunyai wawasan yang sangat baik khususnya di Jawa Tengah. Saya kira Pak Kapolda itu menguasai semua itu," tuturnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya