Pilkada Jakarta, Kaesang: Saya Berani Lawan Anies Baswedan dan Ridwan Kamil

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep berani melawan Anies Baswedan dan Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta 2024 jika mendapat dukungan masyarakat.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 06 Agu 2024, 10:18 WIB
Diterbitkan 06 Agu 2024, 10:18 WIB
Ketua Umum (Ketum) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep saat memberikan surat rekomendasi kepada bakal calon bupati Bogor, Jaro Ade.
Ketua Umum (Ketum) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep saat memberikan surat rekomendasi kepada bakal calon bupati Bogor, Jaro Ade. (Dok. Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep mengaku siap melawan Anies Baswedan dan Ridwan Kamil di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024. Dia pun menyatakan keberaniannya, apabila mendapat restu dari masyarakat.

"Ya kalau untuk di Jakarta, kita tunggu. Kalau saya pribadi, diminta oleh masyarakat untuk maju ke pilkada melawan Pak Anies saya berani, melawan Pak Ridwan Kamil juga saya berani," kata Kaesang di Senayan Park, Jakarta Pusat, Senin malam 5 Agustus 2024.

Kaesang menambahkan, dia tidak heran saat nama Ridwan Kamil untuk Pilgub Jakarta. Dia menilai, Ridwan Kamil memiliki rekam jejak yang baik sebagai wali kota Bandung dan Gubernur Jawa Barat.

"Saya rasa juga Pak Ridwan Kamil cukup punya kapasitas untuk menjadi gubernur Jakarta selanjutnya," tutur Kaesang.

Disampaikan terpisah, Sekjen PSI Raja Juli Antoni mengaku sebagai bagian dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), partainya siap ikut komando. Dia pun enggan menanggapi pernyataan Kaesang yang mengaku berani lawan Ridwan Kamil yang notabene adalah calon gubernur yang kabarnya akan diusung oleh KIM di Pilgub Jakarta.

"Ya tunggu dulu perkembangannya. Sekali lagi ditegaskan sikap PSI secara umum akan mengikuti garis dari KIM," kata Raja Juli seperti dikutip Selasa (6/8/2024).

Dia memastikan, sampai hari ini belum ada keputusan definitif dari PSI soal ke mana arah dari sang ketua umum di Pilkada 2024. Namun dia berharap, apa pun hasil finalnya adalah sebuah kesepakatan bersama antara PSI dan KIM.

"Apapun keputusannya, mudah-mudahan diputuskan secara kolektif. Kalaupun ada beda-beda, ya di sana sini, ya itu bagian dari demokrasi. Tapi pada intinya, Mas Kaesang nanti mau di Jakarta, Jateng, kita minta itu merupakan keputusan bersama dari KIM," Raja Juli menandaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Wacana KIM Plus

Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad
Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta. (Foto: Liputan6.com/Delvira Hutabarat).

Diketahui, wacana terkait KIM plus muncul dari Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco. Menurut Dasco, hadirnya Kim Plus bertujuan untuk mengusung Ridwan Kamil (RK) di Pemilihan Kepala Daerah Jakarta 2024 (Pilkada Jakarta 2024).

"Insyaallah di KIM Plus sudah muncul satu nama, yaitu Ridwan Kamil untuk Pilkada DKI Jakarta," ujar Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (5/8/2024).

Sementara untuk Bakal Calon Wakil Gubernur (Bakal Cawagub) RK, Dasco menyatakan akan diumumkan dalam waktu dua hari ke depan.

"Untuk wakilnya sehari-dua hari kita akan sampaikan ke media," kata dia.

Menurut Dasco, dalam waktu dekat pengumuman tidak hanya nama cawagub melainkan juga nama-nama parpol yang akan masuk ke KIM Plus.

"Sehari dua hari ini kita sampaikan Plusnya siapa," ucap dia.

Infografis Golkar Buka Peluang Usung Ridwan Kamil Maju Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Golkar Buka Peluang Usung Ridwan Kamil Maju Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya