Ridwan Kamil-Suswono Terima Surat B1 KWK dari Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan

Bakal calon Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil, baru saja melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan. Pertemuan berlangsung di rumah dinas Zulkifli Hasan, Senin malam (26/8/2024).

oleh Tim News diperbarui 27 Agu 2024, 00:45 WIB
Diterbitkan 27 Agu 2024, 00:45 WIB
Bakal calon Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil, melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan. Pertemuan berlangsung di rumah dinas Zulkifli Hasan, Senin malam (26/8/2024). (Merdeka.com/Rahmat Baihaqi)
Bakal calon Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil, melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan. Pertemuan berlangsung di rumah dinas Zulkifli Hasan, Senin malam (26/8/2024). (Merdeka.com/Rahmat Baihaqi)

Liputan6.com, Jakarta Bakal calon Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil, baru saja melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan. Pertemuan berlangsung di rumah dinas Zulkifli Hasan, Senin malam (26/8/2024).

Berdasarkan pantauan, pria yang biasa disapa Kang Emil itu telah keluar dari rumah dinas Meneri Perdagangan Zulkifli Hasan yang berada di jalan Widya Chandra IV pada pukul 19.16 WIB.

Saat akan meninggalkan kediaman dinas Zulhas, terlihat juga pasangan calon wakil gubernur Jakarta Suswono. Mereka berdua terlihat kompak mengenakan kemeja batik berwarna biru.

Di lokasi, Ridwan Kamil mengatakan dirinya bersama Suswono untuk menerima B1 KWK dari Zulhas. Surat rekomendasi tersebut nantinya bakal dia daftarkan ke KPU DKI Jakarta pada tanggal 28 Agustus 2024.

"Barusan dapat B1 KWK. Alhamdulillah dari PAN menggenapi ideal koalisi yang sedang dibangun. Pendaftaran yang sesuai saya sampaikan, lusa tanggal 28," kata Ridwan Kamil kepada merdeka.com di rumah dinas Zulhas.

Ridwan Kamil juga menyebut sejauh ini sudah ada pendekatan lebih mendalam lagi dengan warga Jakarta. Hanya saja untuk lebih resminya baru akan dilakukan setelah mendaftar ke KPU DKI Jakarta.

"Sudah (sosialisasi ke warga). Karena belum terdaftar ke KPU, yang sifatnya terbuka ditahan dulu. Tapi semuanya sudah banyak, cuma saya enggak posting-posting aja," ujar Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil pun menanggapi soal kabar Anies Baswedan akan maju dalam Pilkada Jakarta 2024 yang diusung PDIP.

"Saya enggak hafal beritanya, tapi intinya siapa pun kami siap berkompetisi," ujar mantan gubernur Jawa Barat itu.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ridwan Kamil Minta Maaf Setelah Twit Lamanya soal Sifat Warga Jakarta Viral

Cuitan lawas Ridwan Kamil. (Foto: Dok. Twitter @ridwankamil)
Cuitan lawas Ridwan Kamil. (Foto: Dok. Twitter @ridwankamil)

Beberapa hari terakhir, sejumlah twit lama Ridwan Kamil viral lagi. Salah satu twit lawas itu menampilkan nyinyiran Ridwan Kamil soal karakter warga Jakarta. Walhasil, bintang film Dilan 1990 itu panen cibiran netizen.

Mengingat, Ridwan Kamil merupakan jadi salah satu calon gubernur Jakarta dalam pilkada tahun ini. Ia dipasangkan dengan Suswono. Sadar twit lawasnya kini jadi bumerang, Ridwan Kamil mengklarifikasi.

Lewat akun Twitter, Minggu (25/8/2024), ia mengakui bahwa 12 atau 15 tahun lalu, sebelum jadi pejabat publik, memang aktif main Twitter (atau X) untuk berekspresi secara bebas. Twit Ridwan Kamil kadang penuh kritik pedas, nyindir, dan nyinyir.

“Sering saya katakan di mana-mana, dulu saya adalah netizen yang marah—bahkan julid. Tapi kemudian takdir membawa saya ke proses hidup yang lebih kompleks. Pada gilirannya Allah menakdirkan saya menjadi pejabat publik, dari walikota sampai gubernur,” cuitnya.

Setelah menjadi pejabat publik, giliran Ridwan Kamil balik dikritik, disindir, dinyinyiri di medsos. Saat itulah ia seperti melihat diri sendiri versi yang dulu lewat netizen yang marah atau kecewa.

“Bikin saya tersenyum dan sadar. Konon setiap orang akan melewati fase-fase jadi tukang protes, anak muda yang rebel penuh kritik dan sinisme. Tapi semua orang juga berproses, harus menjadi lebih bijaksana dan tahu diri,” Ridwan Kamil menyambung.

Setelahnya, suami Atalia Praratya tak mau membela diri dan berdalih. Ridwan Kamil terang-terangan minta maaf atas twit-twit lawas yang kini kembali diungkit netizen. Ia mengakui twitnya kurang sopan dan tidak bijaksana.

“Semoga saya bisa lebih baik lagi ke depan. 2017-2018 saya pernah meminta maaf tentang hal-hal ini. Saya banyak belajar. Saya tidak membela diri atau berusaha membenarkan. Itu memang saya yang dulu, saya yang kurang bijak,” akunya.

 

Reporter: Rahmat Baihaqi

Sumber: Merdeka.com

Infografis KIM Plus Usung Duet Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024. (Foto: Liputan6.com)
Infografis KIM Plus Usung Duet Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024. (Foto: Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya