Pilkada Kabupaten Serang, Abah Otong Alihkan Dukungan ke Andika-Nanang

Andika sendiri menyambut baik pelimpahan dukungan dari parpol koalisi Muhibat. Dirinya. meyakini ini akan menjadi amunisi tambahan dalam menghadapi Pilkada Kabupaten Serang 2024.

oleh Tim News diperbarui 31 Agu 2024, 10:05 WIB
Diterbitkan 31 Agu 2024, 09:54 WIB
Pilkada Kabupateng Serang
Empat parpol pengusung bakal calon Bupati Serang, Muhibat atau yang lebih dikenal dengan Abah Otong melimpahkan dukungan ke pasangan bakal calon Bupati-Wakil Bupati Serang Andika Hazrumy-Nanang Supriatna. (Ist).

Liputan6.com, Jakarta - Empat parpol pengusung bakal calon Bupati Serang, Muhibat atau yang lebih dikenal dengan Abah Otong melimpahkan dukungan ke pasangan bakal calon Bupati-Wakil Bupati Serang Andika Hazrumy-Nanang Supriatna.

Keempat parpol yang sebelumnya tergabung dalam Koalisi Serang Bedas, koalisi pendukung Abah Otong itu diboyong untuk mengalihkan dukungan kepada Andika-Nanang. Keempatnya adalah Gelora, Ummat, Hanura dan Buruh.

"Ini kaitan dengan saya batal maju, jadi saya boyong parpol pendukung saya ke Andika, " kata Muhibat usai bertemu Andika di kediamannya, Kota Serang, Sabtu (31/8/2024).

Dalam pertemuan itu, Muhibat didampingi pimpinan parpol Koalisi Serang Bedas. Sedangkan Andika didampingi Ketua DPD Golkar Kabupaten Serang Fahmi Hakim.

Muhibat mengulas awal parpol pengusung dirinya berjumlah 7 parpol. Namun dalam perjalanannya, hingga detik-detik terakhir masa pendaftaran di KPU Kabupaten Serang, 3 parpol di antaranya mengalihkan dukungan ke pasangan bakal calon lain.

Hal itu membuat persyaratan suara minimal yang harus dikantongi untuk dapat maju di Pilkada sesuai dengan Keputusan MK 60/2024 tidak terpenuhi. "Akhirnya saya putuskan saya batal maju dan saya boyong 4 parpol yang masih setia ke saya ini ke Andika," kata Muhibat.

Diungkapkan Muhibat, hasil pertemuan dengan Andika kemudian menyepakati keempat parpol tersebut untuk bergabung di koalisi parpol pengusung Andika-Nanang, Koalisi Serang Maju. "Alhamdulillah Andika menyambut maksud dan tujuan kami. Jadi sekarang ya kita all out memenangkan Andika-Nanang," kata Muhibat.

Sementara itu Andika sendiri mengaku menyambut baik pelimpahan dukungan dari parpol koalisi Muhibat kepada dirinya. Andika meyakini hal itu akan menjadi amunisi tambahan dalam menghadapi kontestasi Pilkada Kabupaten Serang 2024.

"Tentu ini akan menambah kekuatan kita, dan saya terima kasih kepada orang tua kita Abah Otong atas niat baiknya ini," kata Andika.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Koalisi Serang Maju

Untuk diketahui Andika-Nanang sendiri pada saat didaftarkan ke KPU Kabupaten Serang resmi diusung oleh 6 parpol. Keenam parpol yang tergabung dalam Koalisi Serang Maju itu adalah Golkar, PDI Perjuangan, PKB, Demokrat, PPP dan PKN. Andika adalah politi Golkar yang merupakan mantan Wakil Gubernur Banten 2017-2022.

Sedangkan Nanang adalah mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Serang hingga terakhir dirinya mengundurkan diri saat dipinang Andika untuk menjadi pendampingnya di kontestasi Pilkada Kabupaten Serang 2024.

Infografis Beda Putusan MK dan DPR Terkait Revisi UU Pilkada. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Beda Putusan MK dan DPR Terkait Revisi UU Pilkada. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya