Ridwan Kamil: Ketimpangan Gender Kuncinya Pendidikan, Kita Dukung Sekolah Gratis

Ridwan Kamil dan Suswono berencana menunjuk total 1.100 sekolah untuk program sekolah gratis bagi anak-anak yang putus sekolah di Jakarta.

oleh Winda Nelfira diperbarui 06 Okt 2024, 20:25 WIB
Diterbitkan 06 Okt 2024, 20:24 WIB
Ridwan Kamil-Suswono dalam debat perdana Pilkada Jakarta 2024, Minggu (6/10/2024) di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.
Pasangan Calon Pemilihan Kepala Daerah Jakarta atau Paslon Pilkada Jakarta 2024 nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono dalam debat perdana Pilkada Jakarta 2024, Minggu (6/10/2024) di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. (YouTube KPU Provinsi Jakarta)

Liputan6.com, Jakarta - Calon Gubernur (Cagub) Jakarta Nomor Urut 1 Ridwan Kamil (RK), menyebut untuk mengatasi ketimpangan gender, kunci utamanya harus membenahi pendidikan. Dia bilang, mendukung program sekolah gratis untuk memberantas ketimpangan gender di Jakarta.

Hal ini disampaikan RK dalam debat perdana cagub-cawagub di JiExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat (Jakpus), Minggu malam (6/10/2024). Masing-masing pasangan calon (Paslon) ditanyai langkah strategisnya untuk meningkatkan partisipasi perempuan di pekerjaan dan pendidikan di Jakarta.

"Ketimpangan gender ini kuncinya adalah pendidikan. Kita ada program bersama DPRD yang sudah melakukan inisiatif, kita dukung sekolah gratis, tidak hanya di negeri tapi juga swasta," kata RK.

RK tak menampik, kota besar umumnya hanya aman bagi lelaki dewasa, namun tidak aman untuk perempuan dan anak-anak, hingga lanjut usia (lansia).

Menurut Mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar) ini, ia dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Suswono, berencana menunjuk total 1.100 sekolah untuk program sekolah gratis bagi anak-anak yang putus sekolah di Jakarta.

Tak hanya itu, dia bakal mendorong kaum perempuan untuk mendapatkan manfaat program pendidikan lainnya yang akan dihadirkan di Rukun Warga (RW) di Jakarta.

"Kita ada program sekolah perempuan buat anak-anak ibu-ibu sekolahnya di balai RW, kurikulumnya tentang ekonomi keluarga keharmonisan keluarga dan lain sebagainya," ucapnya.

Melalui program itu, dia sepakat kaum perempuan harus dilindungi hingga memperoleh kesetaraan dengan perlindungan dari calon gubernur dan wakil gubernur yang nantinya memimpin Jakarta.


Ridwan Kamil Paparkan Visi Misi dalam Debat Perdana Pilkada 2024, soal Gen Z hingga Budaya Betawi

Calon gubernur Jakarta nomor urut 01, Ridwan Kamil, naik ojek. (Liputan6.com/Lizsa Egeham)
Calon gubernur Jakarta nomor urut 01, Ridwan Kamil, naik ojek. (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Calon gubernur Jakarta nomor urut 1 Ridwan Kamil memaparkan visi misinya dalam debat perdana pilkada Jakarta 2024. Dia mengatakan, ada enam urusan yang menjadi perhatiannnya dalam debat malam ini.

"Malam ini kita akan debat soal 6 urusan, soal sumber daya manusia yang harus menghadapi persaingan global menuju Indonesia emas 2025, tentang generasi Z saya punya punya anak gen Z juga. Insyaallah anak-anak Gen Z yang lagi nonton, kami sebagai orang tua akan membersamai anda dalam kesulitan-kesulitan dan harapannya tentang pekerjaan," kata Ridwan Kamil saat debat Pilkada 2024 di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (6/10/2024).

 Dia mengatakan, dia juga akan berdebat tentang perlindungan kepada perempuan, anak, dan disabilitas. Dia mengatakan, mereka harus dilindungi.

"Kemudian juga kita akan berdebat tentang transportasi publik yang harus menyeluruh harus menjangkau sehingga rasa aman nyaman saat berkendara Sebelum pulang ke rumah itulah yang akan kami harapkan," kata dia.

RK juga menyinggung soal perlindungan kelestarian budaya. Dia mengatakan, Jakarta memang simpul dari segala budaya, tapi budaya Betawi sebagai kearifan lokal tentu akan didahulukan dengan gerakan membangun budaya Betawi.

"Kemudian ada tata kelola pemerintahan yang sifatnya harus responsif, adaptif, bukan soal pelayanan secara teknis tapi kami juga akan membangun kepercayaab dari masyarakat jakarta kepada pemerintahan barunya," tandas Ridwan Kamil.

Infografis KIM Plus Usung Duet Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024. (Foto: Liputan6.com)
Infografis KIM Plus Usung Duet Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024. (Foto: Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya