Rumah Hitam di Polandia Aplikasikan Teknologi ThermoWood

Ingin memiliki rumah kayu yang awet dan tahan lama? Yuk simak ulasan ini.

oleh Fathia Azkia diperbarui 15 Jan 2016, 12:30 WIB
Diterbitkan 15 Jan 2016, 12:30 WIB
Rmh Hitam di Polandia Aplikasikan Teknologi ThermoWood-Rumah.com
Jika ingin memiliki rumah kayu sehat bebas dari racun, penggunaan kayu cladding yang diolah dengan teknologi ThermoWood pas ditiru.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah teknologi terbarukan “ThermoWood” datang dari Skandinavia. Diproduksi di Finlandia, ini merupakan pengolahan kayu yang dipanen secara ramah lingkungan, sehingga menghasilkan kualitas yang tahan lama.

Design Studio Też Architekci pun tertarik untuk memilih ThermoWood sebagai bahan cladding (pelapis dinding luar) pada proyek perumahan baru mereka di Polandia. Teknologi ini menggabungkan manfaat dari kedua kayu berjenis keras dan lunak, yang diolah secara alami tanpa bahan kimia.

Beberapa produsen kayu cladding biasanya menggunakan bahan kimia agar mendapatkan kayu yang awet dan tahan lama.

Meski hasilnya bagus dan berkualitas, namun kimia yang terkandung di dalam kayu cladding bisa membahayakan kesehatan. Partikel yang dikeluarkan oleh kayu bisa menjadi racun bagi tubuh di kemudian hari. Sedangkan ThermoWood hanya menggunakan panas dan uap tanpa bahan kimia sedikitpun.

Karena ragam manfaat yang dimiliki, maka para desainer Polandia memutuskan untuk menggunakan ThermoWood sebagai bahan cladding pada eksterior rumah hitam mereka. Dikutip dari Rumah.com, seperti ditulis Jumat (14/1/2016). Ini dia hasilnya.

Rumah hitam ini dibangun di dekat desa Wojnowo, Polandia. Konsepnya adalah bungalow, terdiri berbagai ruang yang terasa menyatu dengan lingkungan. Teknologi ThermoWood juga dapat diterapkan pada kayu lunak seperti pinus dan cemara.

Menurut situs Też Architekci, proses manufaktur untuk Thermowood mencakup tiga fase perlakuan panas, dan meningkatkan stabilitas serta daya tahan biologis kayu. Proses ini juga mampu meningkatkan sifat isolasi, plus suhu tinggi yang bisa menghapus resin dari bahan baku.

Pengaplikasian kaca berukuran tinggi dan lebar sengaja digunakan untuk menciptakan kesan alami, dan membiarkan sinar matahari masuk ke seluruh ruang dalam rumah hitam.

Analisis perusahaan menunjukkan bahwa meskipun penggunaan energi untuk pengolahan panas lebih banyak, namun energi yang digunakan dalam pembuatan Thermowood masih cukup rendah.

Via Inhabitat.com  (Fathia A/Ahm)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya