Warna-warna Ini Bisa Bantu Anda Menjual Rumah Lebih Cepat

Lima bagian rumah yang harus diperhatikan dalam hal pemilihan warna antara lain, ruang eksterior, ruang tamu, kamar tidur

oleh Kantrimaharani diperbarui 30 Mei 2016, 12:00 WIB
Diterbitkan 30 Mei 2016, 12:00 WIB
Warna-warna Ini Bisa Bantu Anda Menjual Rumah Lebih Cepat
Lima bagian rumah yang harus diperhatikan dalam hal pemilihan warna antara lain, ruang eksterior, ruang tamu, kamar tidur

Liputan6.com, Jakarta Seperti membeli mobil, warna rumah juga menjadi pertimbangan orang saat akan membeli rumah. Pada beberapa kasus, rumah sulit terjual atau penjual harus menurunkan harga gara-gara warna rumah.

Mengutip dari Rumah.com, Bob Vila, mantan presenter ternama program “Old House” menjabarkan lima bagian rumah yang harus diperhatikan dalam memilih warna yang terbaik agar rumah Anda cepat terjual.

Kelima prioritas tersebut adalah tampilan eksterior rumah, ruang tamu, warna ruang dapur, kamar tidur, dan kamar mandi. Dan pilihan warna terbaik, akan diulas sebagai berikut:

1. Tampilan eksterior

Contoh tampilan eksterior dengan warna bumi (foto perumahan Blossom 4 Residence, Pondok Aren Tangerang Selatan)
Tips untuk memilih warna pada bagian eksterior rumah, harus dipertimbangkan kondisi lingkungan, baik rumah sekitar maupun lingkungan-lingkungan tambahan.

Selain itu, juga harus memperhitungkan fitur lain pada rumah seperti warna atap, batu, batu bata, pagar, tanaman di pekarangan.

Vila menegaskan, warna-warna “bumi” seperti cokelat, putih, krem, dan hijau, adalah pilihan warna yang terpat untuk dinding. Sedangkan fitur lain, aplikasikan dengan warna sebenarnya. Artinya tidak perlu ada tambahan warna lain.

2. Tampilan ruang tamu

Contoh ruang tamu yang diaplikasikan menggunakan warna putih (sumber: pixabay.com)
Kunci utama dalam memilih warna ruang tamu adalah bagaimana menggabungkan kehangatan dengan sisi netralitas.

Warna-warna ‘hangat’ mengundang dan memberikan ruang sedikit lebih banyak karakter dari dinding putih polos. Selain putih, Anda juga bisa menggunakan warna krem dan abu-abu terang.

(Baca juga artikel “Tips Menyiasati Ruang Tamu Mungil”)

3. Tampilan dapur

Contoh dapur yang diberikan perpaduan warna kuning dan krem, sehingga dapur Anda terlihat terang (sumber: pixabay.com)
Bagian dapur, usahakan menggunakan warna yang terang. Kebanyakan pembeli ingin dapur cerah. Warna-warna cerah, bisa membantu kegiatan memasak, seperti memotong, menggoreng, memanggang, dan lain-lain.

Selain itu, warna terang juga bisa menambah kecerahan ke dalam ruangan lain, sebab dimungkinkan cahaya memantul dari dapur hingga sedikit memberikan efek cerah pada ruang di sekitarnya.

(Baca juga artikel “Ini Tips Mendesain Dapur dan Kitchen Set yang Benar”)

Pilihan warna yang tepat antara lain kuning pucat, cokelat kekuningan, dan warna zaitun yang merupakan warna hijau ke kuning-kuningan.

4. Tampilan kamar tidur

Warna zaitun ini cocok untuk diaplikasikan di kamar tidur (pixabay.com)
Pilihan warna tidur haruslah memberikan kesan lembut dan ketenagan. Sebab, fungsi dari kamar adalah untuk relaksasi.

Rekomendasi warna untuk kamar tidur antara lain putih kulit telur, cokelat terang (beige), abu-abu muda, kuning terang dan warna zaitun.

(Baca juga artikel “8 Warna Ceria untuk Kamar Tidur Anda”)

5. Tampilan kamar mandi

Cotoh warna putih yang digunakan untuk kamar mandi di rumah Anda (sumber: pixabay.com)

Terakhir, untuk kamar mandi. Pilihan warna pada kamar mandi sedikit bervariasi, yang disesuaikan dengan ukuran kamar mandi yang Anda miliki.

Untuk kamar mandi berukuran kecil hindari penggunaan warna gelap, sebaliknya gunakan warna putih agar terlihat lebih besar. Sedangkan untuk kamar mandi berukuran besar, baru bisa menggunakan warna gelap seperti cokelat, merah, dan biru. Warna-warna tersebut dapat membuat ruangan terlihat sangat kecil.

(Baca juga artikel “Cara Murah Meriah Mempercantik Kamar Mandi”)

Feature picture: pixabay.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya