Manfaat Rahasia Bedak Bayi untuk Perabotan Rumah

Bedak bayi tidak hanya berguna untuk membuat kulit bayi jadi halus dan terasa sejuk, tetapi juga banyak hal lain di rumah.

oleh boyleonard diperbarui 16 Sep 2016, 10:52 WIB
Diterbitkan 16 Sep 2016, 10:52 WIB
20160916-manfaat bedak bayi-rumahcom-boy
Bedak bayi tidak hanya berguna untuk membuat kulit bayi jadi halus dan terasa sejuk, tetapi juga banyak hal lain di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Anda punya bayi? Atau hingga sekarang Anda masih menggunakan bedak bayi? Bedak bayi ternyata tidak hanya berguna untuk membuat kulit tubuh bayi atau pun tubuh Anda jadi halus dan terasa sejuk, tapi juga berguna dalam kehidupan sehari-hari Anda.

Sebagai contoh, misalnya beberapa poin berikut ini.

Membuat seprai lebih halus

Jika seprai sudah digunakan lebih dari 3 hari, pasti ada rasa tak nyaman atau lembap di permukannya. Jika Anda belum ingin menggantinya—sebaiknya ganti seprai setiap 1-2 minggu—taburkan bedak bayi di permukannya.

Bedak bayi akan menyerap minyak, udara lembap, dan membuat permukaan seprai menjadi lebih licin dan sejuk. Aromanya yang lembut pun akan membuat tidur Anda lebih nyenyak.

Dikutip dari Rumah.com, Anda bisa memanfaatkan bedak bayi untuk beragam hal berikut ini.

Mengurangi gesekan

Saat bagian bawah pintu terasa seret dan berbunyi setiap kali dibuka, taburkan bedak bayi di jalur buka tutup pintu tersebut saat dibuka. Bedak bayi akan kembali melicinkan jalannya pintu. Taburkan juga bedak bayi di roda laci atau tempat tidur lipat untuk mencegahnya berderit.

Cegah jamur pada buku

Saat halaman buku Anda mulai berubah warna menjadi kekuningan, itu menandakan adanya jamur di halaman tersebut. Bubuhkan bedak bayi pada setiap halaman yang menguning dan beraroma lembap lalu biarkan hingga satu malam.

Esoknya, barulah Anda bersihkan sisa-sisa bedak bayi dan jamur dengan kuas. Lalu simpan buku tersebut di dalam laci yang sudah ditambahkan kamper.

Mengharumkan lemari pakaian

Taburkan bedak bayi di sudut dalam lemari—sebaiknya pilih bagian lemari yang digunakan untuk menggantung pakaian saja. Bedak bayi akan mengeluarkan aroma harum yang lembut dan aroma tersebut akan menempel di pakaian Anda.

Bersihkan bedak bayi yang sudah digunakan di dalam lemari setiap minggu lalu taburkan kembali dengan bedak yang baru.

Gunakan untuk sepatu

Taburkan bedak bayi pada bagian dalam sepatu yang sudah Anda gunakan lalu diamkan semalaman. Saat pagi, bersihkan bagian dalam sepatu dengan tisu atau lap kering.

Biasanya, nih, aroma sepatu akan menjadi lebih harum, dan bagian dalam sepatu tak lagi lembap, karena bedak bayi menyerap sisa keringat yang menempel.

Gunakan untuk sarung tangan

Anda mungkin tidak langsung mencuci sarung tangan berkebun, sarung tangan untuk membersihkan kamar mandi, dan sarung tangan motor jika baru digunakan satu kali.

Agar sarung tangan tidak lengket dan cepat kering—akibat keringat yang menempel di bagian dalamnya—taburkan bedak bayi ke bagian dalamnya. Kemudian kocok-kocok atau putar sarung tangannya hingga bedak bayinya merata.

Bersihkan kembali sisa bedak dengan membalikkan sarung tangan dan bersihkan dengan kuas. Setelahnya, sarung tangan pun menjadi bebas lembap.

Hal ini juga berguna untuk bagian dalam celana panjang jins yang belum ingin Anda cuci. Taburkan saja bedak bayi di kain bagian dalam celana jins Anda, terutama di area paha untuk mencegah celana menjadi lembap.

Foto: Pixabay

Rina Susanto

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya