Siswa SMP Surabaya Wajib Cuci Tangan dengan Larutan Ini

Larutan alami itu dibuat untuk menyambut Hari Kesehatan Internasional yang jatuh setiap 7 April.

oleh Dhimas Prasaja diperbarui 08 Apr 2016, 23:30 WIB
Diterbitkan 08 Apr 2016, 23:30 WIB
Larutan Alami
Siswa sekolah Surabaya wajib cuci tangan dengan larutan alami.

Liputan6.com, Surabaya - Para siswa SMP Muhammadiyah 5 Surabaya punya larutan alami untuk menjaga kebersihan dan kesehatan. Larutan itu digunakan sebelum makan di kantin mandiri. Larutan tersebut dibuat untuk menyambut Hari Kesehatan Internasional yang jatuh setiap 7 April.
 
Kepala Humas SMP Muhammadiyah 5 Surabaya, Syafiu Rahman, menjelaskan larutan antiseptik alami itu terdiri atas gel lidah buaya, alkohol, air jeruk nipis, air lemon, dan air garam.

"Kami mewajibkan sebelum masuk ke kantin mandiri di sekolah ini, agar seluruh siswa wajib mencuci tangan sebelum masuk kantin. Ditambah yang paling aman adalah antiseptik alami," kata Syafiu kepada Liputan6.com, Kamis, 7 April 2016.

Syafiu menyatakan penggunaan antiseptik alami itu merupakan upaya pembiasaan anak-anak untuk menjaga kesehatan. Selain itu, antiseptik alami dipilih karena mudah didapat di lingkungan sekitar.

"Kalau antiseptik kimia dampaknya negatif, tapi intinya sama-sama menjaga kesehatan. Itu yang paling utama kami tanamkan kepada siswa," kata Syafiu.

Kampanye kesehatan itu bukan yang pertama digelar di SMP Muhamadiyah 5. Sebelumnya, sekolah menggandeng Dinas Kesehatan Kota Surabaya menyosialisasikan cara mencegah flu burung.

Kegiatan itu bukan saja untuk memperingati Hari Kesehatan Dunia, tetapi juga bertujuan untuk mencegah flu burung.

Risal Rahmat, siswa kelas 8 SMP Muhamadiyah 5 Surabaya, menyatakan sekolahnya memang sudah menyosialisasikan perlunya menjaga kebersihan dan kesehatan individu.

"Memang sekolah kami mewajibkan pentingnya menjaga kesehatan. Dan ke depan, tempat cuci tangan di depan kantin mandiri sekolah ini akan diterapkan," ucap Risal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya