Pasukan Halilintar Cilacap Siap Libas Kejahatan

Pasukan Halilintar bakal bergerak cepat ketika terjadi tindak kriminal di Cilacap.

oleh Muhamad Ridlo diperbarui 24 Okt 2017, 19:32 WIB
Diterbitkan 24 Okt 2017, 19:32 WIB
Tim Halilintar Cilacap
Kapolres Cilacap, AKBP Djoko Julianto menyerahkan senjata kepada anggota Tim Halilintar Wijayakusuma. (Liputan6.com/Muhamad Ridlo/Polres Cilacap).

Liputan6.com, Cilacap - Sekawanan perampok beraksi di sebuah toko di sudut kota Cilacap. Mereka menodongkan senjata ke karyawan dan pengunjung toko. Uang tunai dan barang dagangan habis digasak. Pada saat itu, seorang warga mengetahui dari tempat tersembunyi dan menelepon pihak kepolisian.

Tak menunggu lama, satu unit polisi bersenjata tiba di lokasi perampokan. Rupanya, unit yang pertama kali tiba itu tengah berpatroli. Sejumlah petugas lainnya, lantas menyusul selang beberapa detik. Mendadak, tempat itu sudah dipenuhi polisi siap tempur.

Mereka tampak siap menghadapi kondisi kritis. Hal itu bisa dilihat dari atributnya yang lengkap. Selain senjata otomatis, polisi-polisi itu memakai rompi antipeluru dan helm. Tak perlu waktu lama, perampok menyerah tanpa perlawanan.

Ini lah gambaran sebuah tim khusus yang dibentuk Kepolisian Resor Cilacap untuk menanggulangi aksi kriminal. Tim ini dinamai Halilintar Wijayakusuma yang merujuk pada kecepatan tim dalam merespon tindak kriminal di Cilacap.

Senin, 23 Oktober 2017, anggota Tim Halilintar Wijayakusuma dilantik Kapolres Cilacap, AKBP Djoko Julianto. Kapolres menerangkan Tim ini dipersiapkan sebagai tim gerak cepat atau tim pemukul untuk kejadian-kejadian tertentu.

Pembentukan tim ini dilakukan untuk menjamin kecepatan operasional kepolisian, terutama dalam merespon aksi kriminalitas. Tim langsung diturunkan jika ada peristiwa yang membutuhkan bantuan kepolisian.

Dia menjelaskan, tim ini merupakan gabungan Reskrim, Intel, Narkoba, Sabhara , satuan lalu lintas, dan Propam dengan jumlah 23 personel dan dipimpin seorang perwira pengendali.

Tim Halilintar dilengkapi senjata api, rompi antipeluru, helm taktis, serta kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Dalam tugasnya, tim tersebut bekerja sama dengan tim operasional fungsi lain, jajaran Polsek, serta Bhabinkamtibmas.

"Intinya kita akan mengeroyok Tempat Kejadian Perkara jika terjadi sutau peristiwa di seluruh wilayah Kabupaten Cilacap," ucap Djoko, usai melantik Tim Halilintas, Senin pagi.

Untuk mempermudah koordinasi, tim Halilintar memiliki posko di tengah kota Cilacap, di Jalan Ahmad Yani, dan berdekatan dengan Alun-alun kabupaten Cilacap. Harapannya, posko yang berada di tengah kota ini mempermudah pemantauan dan gerak tim ke seluruh wilayah.

Djoko menambahkan, tim nantinya akan dibagi menjadi tiga regu yang bekerja secara bergantian, baik siang mapun malam hari. Di tiap waktu itu, koordinasi akan terus dilakukan dengan Polsek, Koramil, dan Kodim.

"Kerja Tim Halilintar Wijayakusuma nantinya diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat baik dalam jam sibuk maupun saat masyarakat beristirahat," kata Kapolres.

 

Simak video pilihan berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya