Terpasung, ODGJ Hangus Terbakar di Rumah

Orang dengan gangguan jiwa yang dipasung keluarganya hangus terbakar setelah rumah yang ditinggalinya dilalap api.

oleh M Syukur diperbarui 13 Feb 2020, 22:00 WIB
Diterbitkan 13 Feb 2020, 22:00 WIB
ODGJ hangus terbakar setelah rumah yang ditinggalinya dilalap api.
ODGJ hangus terbakar setelah rumah yang ditinggalinya dilalap api. (Liputan6.com/M Syukur)

Liputan6.com, Pekanbaru - Kebakaran hebat menghanguskan sebuah rumah di Desa Pulau Rambai, Kabupaten Kampar. Satu penghuni bernama Jamal tak bisa diselamatkan karena kakinya dipasung oleh keluarga di dalam rumah.

Informasi dirangkum, Jamal merupakan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Keluarga sepakat memasungnya karena sering mengamuk dan dianggap membahayakan keselamatan.

Kabid Humas Polda Riau Komisaris Besar Sunarto menyebut kejadian ini berlangsung pada Rabu pagi, 12 Februari 2020. Api baru bisa dipadamkan beberapa jam kemudian tapi seisi rumah sudah terbakar.

"Termasuk korban tadi (terbakar), kami turut berduka cita," kata Sunarto.

Sunarto menerangkan, saat kejadian tidak ada satu pun orang di rumah, kecuali korban. Orang tua korban tengah berada di kebun, sementara kakak perempuannya mengajar di sekolah.

Belasan warga yang mengetahui insiden itu langsung berusaha memberikan bantuan. Namun, api begitu cepat membakar bangunan rumah yang bagian atap terbuat dari kayu itu.

Kedatangan dua unit mobil pemadam kebakaran pun tak mampu memadamkan api. Setelah api padam, jasad korban ditemukan warga dalam keadaan kaku dan hangus.

"Penyebab kebakaran masih diselidiki kepolisian setempat," ucap Sunarto.

Berdasarkan keterangan keluarga, tambah Sunarto, sudah 10 tahun korban mengalami gangguan jiwa. Akhir-akhir ini, korban sering mengamuk dan mengancam keselamatan keluarga.

"Keluarga lebih memilih memasung dibanding membawanya ke rumah sakit jiwa," sebut Sunarto.

 

Simak video pilihan berikut ini:

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya